April 2008 : Ternyata…Melahirkan itu ga sakit..

Jauh sebelum saya menikah, saya selalu berpikiran bahwa melahirkan itu SAKIT SEKALI rasanya…Mungkin Anda jadi bertanya, “Dari mana saya bisa tau kalo melahirkan itu sakit kalo saya belum pernah ngelahirin???”

Tentu saja saya tau gara-gara omongan orang. Kata orang (yup..kita selalu gampang percaya kata orang..), melahirkan itu luar biasa sakitnya dan melahirkan itu adalah perjuangan hidup dan mati seorang ibu…

 

Gara-gara selalu mendengar pendapat ini, saya jadi ketakutan setengah mati untuk melahirkan secara normal. Ketakutan saya antara lain:

  • Gimana kalo saya ga kuat menahan sakitnya? Trus dioperasi, sakitnya jadi dobel donk??
  • Gimana kalo saya ga kuat ngeden sampe bayi saya harus divakum (fyi, saya sangat menolak kalo bayi saya sampe divakum, konon kabarnya vakum bisa menghambat perkembangan otak bayi)?
  • (yang paling ekstrim..) Gimana kalo saya mati pada saat ngelahirin? Kan kata orang (sekali lagi kata orang), melahirkan itu perjuangan antara hidup dan mati…

Saya jadi berpikir, kayaknya merupakan suatu kebodohan besar kalo ketakutan-2 diatas jadi kenyataan. Padahal hal-hal diatas bisa dihindari dengan melahirkan secara caesar.

 

Makanya, begitu saya hamil, saya langsung berkata kepada suami, “Aku mau ngelahirin caesar aja ah…”.

 

Sayangnya, keinginan ini ditolak mentah-mentah oleh suami. Dia beralasan bahwa melahirkan secara normal itu jauh lebih enak bagi wanita (padahal dia belum pernah ngelahirin..). Menurut cerita yang dia denger dari ortu dan temen-temen dia, ngelahirin secara normal jauh lebih sehat bagi bayi dan ibunya.

 

Dengan keukeuh sumekeh saya terus berusaha untuk ‘menghasut’ suami supaya saya diijinkan melahirkan secara caesar. Usaha saya pun mulai menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Suami akhirnya terpengaruh oleh rengekan saya dan memperbolehkan saya untuk mengambil jalan caesar.

 

Namun lambat laun, gantian saya yang bertanya-tanya, “Bener ga sih keputusan saya untuk melahirkan secara caesar?”. Soalnya menurut mama saya, melahirkan secara normal itu jauh lebih enak dibandingkan caesar. Berdasar pengalaman dia, melahirkan secara normal itu ga sakit (baru satu orang nie yg bilang kalo melahirkan secara normal ga sakit..).

 

Saya pun mulai mencari informasi mengenai melahirkan secara normal. Saya mulai search di internet dan membaca sebuah buku “Hyponobirthing” karangan Marie Mongan.

 

Menariknya, di buku Hyponobirthing diungkapkan bahwa melahirkan adalah suatu anugrah dan bukan kutukan. Seringkali banyak orang salah menyimpulkan dari cerita Adam dan Hawa bahwa melahirkan adalah suatu kutukan. Pikiran dan ketakutan untuk melahirkan secara normal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada saat persalinan. Jadi, langkah pertama untuk ‘menikmati’ persalinan adalah mengubah pikiran  dan persepsi kita.

 

Kehamilan dan melahirkan harus diterima sebagai anugrah terindah dari Tuhan bagi kaum Hawa. Nantinya pikiran positif ini akan menghasilkan suatu hormon dalam tubuh kita. Hormon ini akan membantu mengurangi rasa sakit pada saat persalinan. Pikiran positif dan cara bernapas pada saat persalinan akan membantu mengirangi rasa sakit pada saat persalinan.

 

Buku ini berhasil mengubah mind set saya. Akhirnya saya memutuskan untuk melahirkan secara normal.

 

Apa yang dikatakan oleh buku ini benar-benar saya alami. Proses persalinan Nicole berjalan cepat, mudah, dan tidak sakit.  

 

Berkat pikiran positif dan latihan olah napas, saya merasakan persalinan secara normal yang bener-bener nyaman. Rasa sakit hanya saya rasakan pada saat pembukaan 8-10. Pembukaannya pun berlangsung secara cepat.

 

Saya berani berkata sekarang bahwa ternyata melahirkan itu tidak sesakit yang dikatakan oleh orang-orang selama ini. Dengan pikiran yang positif dan harapan untuk bertemu bayi kita, persalinan pasti akan berlangsung dengan cepat. Percaya deh..

2 thoughts on “April 2008 : Ternyata…Melahirkan itu ga sakit..

  1. Wah, itu PR yang sangat menguras tenaga…Secara gw dah rada lupa…Hehehehhe…Tar ya tes…Sambil inget2 lagi..

Leave a Reply

