Orang tua yang fleksibel…

Saya adalah mama yang perfectionist. Dulu saya sangat tegas dengan beberapa peraturan dalam mendidik dan merawat Nicole. Tapi itu semua berubah. Sepertinya sebagai orang tua, tidak bisa terlalu strict dengan prinsip kita. Kita juga perlu fleksibel dan menyesuaikan peraturan dengan situasi sekeliling.
 
Dulu saya tidak memperbolehkan Nicole makan permen. Saya beranggapan bahwa permen itu tidak ada gunanya malah bisa merusak gigi. Hingga suatu hari, saat saya mengantar Nicole ke sekolah, Nicole berniat merebut permen temannya.
 
Deg…Saya jadi mikir…
 
Permen menarik rasa penasaran semua anak kecil. Jika saya tidak memberi permen kepada Nicole, ada kemungkinan ini mendorong Nicole untuk mencuri. Apalagi Nicole adalah anak yang keras, dia akan berbuat apapun sampai dia memperoleh sesuatu yang dia inginkan.
 
Saya tidak mau hal ini terjadi. Saya tidak mau mencetak anak yang suka mencuri. Makanya sekarang saya mulai memperbolehkan dia untuk makan permen. Tentu saja ada beberapa batasan, yaitu dalam jumlah tertentu dan sikat gigi setelah makan permen.
 
Selain masalah permen, saya mempunyai aturan yang jelas, yaitu Nicole tidak boleh memukul. Tapi sekali lagi aturan saya yang ini juga harus berubah.
 
Dua minggu yang lalu Nicole masuk ke sekolah untuk pertama kalinya. Ternyata beberapa teman sekelasnya (laki-laki) mempunyai kelakuan seperti si Giant dalam cerita Doraemon. Suka sekali mukul anak lainnya.
 
Kemudian..plakkkk….Si anak ini pun memukul Nicole…Ya amoun anak saya menjadi korban bullying…Melihat hal ini, saya pun langsung menghampiri si “Giant” dan berkata agar jangan memukul Nicole…
 
Sepulang dari sekolah, saya pun berkata kepada Nicole, “Nicole, kalau kamu dipukul kamu harus kasi tau mama atau guru mu di kelas. Pokoknya jangan hanya diem dan pasrah dipukul sama teman”
 
Pengalaman saya ini memberi pelajaran yang berharga. Bahwa sebagai mama kita perlu meninjau peraturan dan menyesuaikan dengan situasi anak kita. Jangan sampai peraturan yang kita buat menjadi boomerang dan merugikan anak.

Leave a Reply

