BB Cream

Sekitar bulan September 2009 saya mendapat  oleh-oleh BB Cream Etude dari adik ipar – Iwan – yang tinggal di Korea. Namun BB Cream ini baru saya coba sekitar bulan Oktober 2010. Lama banget yak? Kayaknya udah basi…Hehehehehe…

Yang membuat saya lama untuk mencoba BB Cream ini adalah karena saya tidak terlalu yakin dengan brand Etude. Saya akui, Etude merupakan salah satu brand Korea yang lumayan oke. Saya juga suka menggunakan eyeshadow dari brand ini. Namun, untuk urusan yang langsung berhubungan dengan wajah (seperti skin care, bedak, and foundation), saya lebih percaya dengan high end ­brand.

Alasan lainnya ??? Saya tidak tahu apa sebenarnya BB Cream itu…(actually this is the main reason..xixixixi…)

Pertama kali saya mencoba, saya bertanya-tanya..Apa ya BB Cream itu? Seperti foundation, tapi kok teksturnya berbeda. Jika dibandingkan dengan liquid foundation MAC milik saya, etude BB Cream sedikit lebih kental.

Yang lebih aneh, saat dioleskan di wajah, si BB Cream ini putih banget…Jauh lebih putih dari kulit muka saya. Sampe penampilan saya mirip Geisha. Begitu pula dengan coveragernya, sangat sheer.

Finally, I google it..

Ternyata BB cream ini sudah booming sejak 2 tahun lalu..Tapi saya baru tahu sekarang..hehehehe..(ke mana aja ya gw?) Setelah diinget-inget2, dua tahun lalu saya sudah tinggal d Flores…Pantas saja produk BB Cream ini kelewatan. Andai saya masih di Jakarta, pasti sudah tahu dari dulu…

Berikut adalah penjelasan mengenai BB Cream yang saya kutip dari Wikipedia (hebat ada di Wikipedia..hehehehe…. )”

“BB cream, also known as Blemish Balm or Blemish Base, is a cosmetic item sold in Korea. It was initially used by dermatologists to help laser surgery patients protect, soothe and refine highly sensitive skin while providing light coverage for post-laser scars, acne and other blemishes.  Originally formulated in Germany, BB cream has in recent years gained a huge following for its skin-regenerating properties and is now also widely used in Asia to provide natural-looking skin coverage. Korean celebrities and cosmetic companies were the first to discover BB cream, and it’s popularity has now spread from Korea to Japan and South East Asia.” 

Sedangkan penjelasan di www.thebbcreamshop.com adalah :

“BB Cream is Asia’s and the World’s First All-in-One Cosmetic Product. It provides coverage just like a foundation, but instead of clogging pores and damaging the skin, it tightens the pores and help improve skin complexion. BB CREAM = Base + Foundation + Concealer + (Natural Makeup) + Sunblock + Moisturiser + Oil Control +Healing Properties (Skin Regeneration, Pore Tightening, Skin Toning) + Optional Feature (Anti-Wrinkle/Brightening/Whitening). Use BB Cream to as your makeup base & foundation and enjoy nicer and more-refined skin in just a few weeks!”

Dari kedua penjelasan diatas, saya menyimpulkan bahwa BB cream adalah ‘jenis’ kosmetik (seperti foundation dan tinted moisturizer).

Awalnya saya berpikiran kalau BBC adalah line make up dari ETUDE. Ternyata salah, so actually BB Cream is a new innovation, produk ‘gado-gado’ dimana satu produk mengandung semuanya dari skin care (moisturizer, whitening, sunblock) hingga kosmetik (base dan foundation).

Melalui penggunaan secara kontinyu, BB Cream menjanjikan kulit yang lebih bagus dibandingkan sebelum pemakaian. Misalnya, kulit yang lebih putih dan tanpa jerawat.

Saya pun makin penasaran dengannya. Eksperimen dengan BBC pun dimulai….

Inilah langkah-langkah penggunaan BB Cream (my version) :

  1. Apply BBC Etude dengan menggunakan foundation brush
  2. Set BB Cream dengan menggunakan loose powder (I use Palgantong loose powder or marcks powder)

Review :

  1. Untuk menghindari Geisha Look (kulit muka yang terlalu putih), aplikasikan sedikit saja BBC pada wajah.
  2. Ajaibnya, BBC bisa menyesuaikan warna dengan skin tone kita. Jadi, mungkin pada awal pengaplikasian, muka terlihat sangat putih, namun setelah beberapa saat, warna dari BBC tersebut bisa menyatu dengan wajah kita.
  3. Don’t expect too much if you need full coverage by using BB Cream; its coverage is light to medium.
  4. Tampilan yang dihasilkan oleh BB Cream adalah dewy look.
  5. Mengingat tingkat coverage yang dihasilkan, sebaiknya BB Cream digunakan oleh Anda yang berkulit mulus dan tidak mempunyai problem apapun. BBC kurang bisa mengkoreksi kekurangan wajah (I still belive on foundation)
  6. BB Cream cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari karena sangat ringan (compared to foundation).

Kayaknya sih saya bakalan beralih hati ke BBC untuk penggunaan sehari-hari. Tapi saya kurang puas dengan BB Cream dari brand Etude karena oil controlnya payah, tidak tahan lama, dan tidak terbukti dapat memberikan kulit yang lebih baik.

So saya lagi dalam pencarian menemukan BB Cream yang terbaik untuk muka saya…

Kabar gembiranya, saya titip ke Iwan BB Cream dari brand Missha dan Skin 79. Rata-rata review atas BB cream dari kedua brand ini bagus. Makanya saya berminat untuk mencobanya.

I’ll share about Missha and Skin 79 BB Cream once I get it from Iwan…Just wait for my review on the next blog post *_*

Leave a Reply

