Diet and Diabet

Seminggu setelah kuret (18 Oktober 2010), saya membuat janji kontrol dengan Dokter Kandungan saya. Secara tiba-tiba dia mention sesuatu yang bikin saya ‘tertohok’ (jleb..jleb…jleb..)


Doc     : “Ibu kalo mau hamil lagi, satu saran saya, dikurusin dulu badannya, ya”

Me       : “What?” (antara percaya dan tidak percaya?)

Huaaaa…. pengen nangis…segendut itukah saya???

Mungkin saran dokter beralasan, secara selama dua  bulan, berat saya sudah naik 5 kg. Well, ini kayaknya salah timbangannya,. Pengen saya lempar nih timbangan (yakkk…mulai menyalahkan timbangan)…

Atau salah si pangsit mie ya? Soalnya di awal-awal kehamilan, saya ngidam ama pangsit mie. Pernah suatu hari saya makan 4 mangkok mie sekaligus à ini bukan rakus ya…tapi Ngidam….!!!!

“Hey pangsit mie, kenapa kamu enak banget? Gara-gara kamu nih mulutku ga berhenti makan”…😀

Gara-gara kenaikan berat badan yang sangat cepat, si Dokter  menyarankan saya untuk tes darah (diabetes). Tanggal 21 Oktober saya pergi ke Lab untuk check up. Sepanjang tes darah saya pun berdoa tanpa henti.

Semoga ga diabet, semoga ga diabet, semoga ga diabet…

Perasaan saya menunggu hasil tes darah seperti menunggu pengumuman kelulusan sekolah. Bukannya saya lebay, tapi diabetes adalah penyakit turunan di keluarga saya. Mulai dr kakek, nenek, tante, ayah, semuanya diabet.

Menurut mereka diabetes adalah penyakit yang paling menyebalkan –> luka tidak bisa kering, stop makanan manis (ini yang paling susah,soalnya saya tergila-gila ama cake dan ice cream), dan bakalan  susah kalo mau hamil dan melahirkan anak (biasanya baby lebih besar dan luka setelah melahirkan susah mengering).

Dan….Untungnya hasil tes darah tidak membuktikan kalo saya diabetes. Hati saya lega sekali.

Sekarang saya mempunyai dua PR, yaitu menurunkan berat badan dan mengurangi makan makanan manis (mungkin saya ada bakat diabet). Wish me luck *_*

Leave a Reply

