Movie Review : Harmony

Film Korea ini sukses membuat saya menangis bombay…Bagus banget ceritanya !!!

Berikut synopsis Harmony yang saya kutip dari www.dramacrazy.net/korean-movie/harmony/ :

Description: Moon Ok (Na Moon-Hee) was a musical professor at a university, but is now on death row for committing a crime caused by the abuse of her husband and mother-in-law. In prison she meets a young lady named Jeong-hye (Kim Yunjin) who killed her husband because of physical abuse. At the time of her arrest, Jeong-hye was pregnant and the baby was eventually born in prison. Now 18 months later, Jeong-hye’s baby must be given up for adoption. To spend one day with her baby outside of prison, Jeong-hye forms a prison choir group. Moon Ok becomes the conductor for this choir. The inmates and prison officers are soon touched by the music produced by this group. “Harmony” provides for a unique human drama set within the world of a female prison. 

Adegan yang paling membuat saya terharu adalah saat Jeong-hye harus merelakan anaknya untuk diadopsi. Saya langsung menangis membayangkan bagaimana rasanya apabila anak saya harus diambil orang lain. Saya kembali menangis saat adegan Jeong-hye bertemu dengan anaknya 3 tahun kemudian.

Anak adalah pusat kehidupan seorang ibu. Semua mama di dunia ini pasti merasakan sakit hati saat dia tidak dapat mengasuh anaknya sendiri karena keadaan yang tidak memungkinkan. Sedih rasanya selalu terbayang-bayang si anak yang sedang berada diluar sana. Selalu penasaran dan bertanya-tanya bagaimana keadaan si anak saat ini. Saya juga mengerti perasaan Jeong-hye, gimana jika anaknya malu mempunyai ibu narapidana dan lantas menolaknya?

Film ini ditutup dengan adegan sempurna, yaitu Moon Ok akhirnya dihukum mati…Narapidana wanita dalam film ini dipenjara bukan karena sepenuhnya mereka bersalah. Tapi keadaan lah yang mendorong mereka untuk melakukan kejahatan.

Film ini membuat saya berpikir, apakah seorang wanita selalu menjadi pihak yang lemah dan selalu kalah?

Rating : 5 out of 5

Har

Leave a Reply

