Power of Social Media

Siapa bilang anak jaman sekarang individualistis dan tidak mempunyai sifat kekeluargaan? Jaman sekarang, gotong royong dilakukan melalui berbagai macam media social seperti blog, jejaring social (facebook dan twitter), forum, dan website.

Saya kagum pada saat bencana alam mentawai dan merapi, dana untuk korban bencana banyak digalang melalui media social (terutama twitter). Begitu pula saat ada penculikan bayi ataupun ada orang yang membutuhkan transfusi darah semua orang saling mengirimkan informasi melalui twitter dan bbm.

Sebagai orang yang tinggal di ‘pedalaman’ (yak mulai lebay…), saya merasakan sekali yang namanya power of social media. Boleh dikatakan hidup saya lumayan tergantung dengan facebook, twitter, blog, forum serta website.

Logo_twitterMedia sosial memberikan informasi akan dunia diluar sana. Juga merupakan tempat untuk bertukar pikiran dengan orang lain. Misalnya, di saat saya meminta rekomendasi tentang make up saya akan membaca forum female daily.

Saya juga senang mencari info seputar kesehatan bayi di milis dan website. Suatu hari Nicole sakit. Saya sangat panik, abisnya sarana kesehatan kurang memadai di Labuan Bajo.  Lalu saya pun bertanya di suatu forum ibu-ibu. Dahsyatnya response dan jawaban yang diberikan sangat cepat. Sangat menolong saya saat itu.

Begitu pula saat saya ingin menjual salah produk minuman saya. Sinta, seorang teman me-re tweet pesan saya. Ajaibnya, banyak teman Sinta yang juga RT ulang. Saya sangat terbantu saat itu.

Namun media social seringkali disalahgunakan oleh beberapa pihak. Penyebaran video porno adalah salah satu penyalahgunaannya.

Media social juga membawa dampak negative bagi kita. Bagi saya, dampak negative yang sangat berasa adalah saya jadi ‘kecanduan’. Kalo sudah asik membaca forum dan berkutat dengan twitter atau facebook, saya jadi lupa waktu, dan terkadang males melakukan hal-hal lain –> urus anak dan suami…Xixixixixixi… *_*

Bersyukur utk kemajuan teknologi…

Semoga saya bisa mempergunakan media social ini dengan bijaksana.

Dan semoga suatu hari nanti Nicole tidak membacakan puisi di bawah ini bagi saya🙂

Ibu & Facebook
Serafina Ophelia Simanjuntak

 

Ibu,
Facebook,
Hubungannya erat sekali

Setiap hari
Sehabis mandi
Selesai makan
Sehabis apapun

Dalam hatiku,
Aku berpikir
Mau kemana gerangankah ia?

Notebook
Tapi…
Apa yang selalu ia lihat di notebook?

Facebook!
Setiap hari
Tawanya menggema

Sampai kapankah
hubungan erat antara ibu dan facebook?

Mungkin sampai akhir hayatnya
Notebooknya akan dibawanya
Ke Surga…

Logo-facebook-f5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s