Customer are The Kings

I hate this term –> “Pelanggan adalah raja”.

Saya setuju bahwa sebagai seorang businessman, saya memerlukan pelanggan/pembeli. Tanpa pembeli, bisnis saya tidak akan ada artinya.

Saya sebagai pelaku bisnis selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, harga terbaik, dan kualitas barang terbaik. Saya juga paling anti dengan yang namanya membohongi pembeli. Oleh karena itu setiap barang yang saya jual selalu terbukti keasliannya dan kualitasnya.

Namun sayangnya, kalimat  “Pembeli adalah raja” seringkali disalahgunakan. Ujung-ujungnya kalimat ini membuat pelanggan/pembeli berlaku semau gue. Apalagi prinsip mereka, “Pembelian saya kan udah banyak di toko anda” (emangnya hanya dari situ  saja omset saya tinggi, kan ada pembeli lainnya…)

Saya paling kesel pada saat pelanggan tiba-tiba mengembalikan barang yang telah dibeli, padahal saya sudah menjelaskan bahwa barang yang dibeli tidak dapat dikembalikan. Jangka waktu pengembaliannya pun tidak tanggung-tanggung, sekitar 1 minggu setelah pembelian. Saya juga tidak tahu apakah barang tersebut sudah digunakan atau belum. Gimana kalo sudah dipakai? Ruginya di saya bukan?

Saya juga kesel apabila pelanggan tiba-tiba complain, berkata bahwa jumlah barang yang mereka terima tidak sesuai. Padahal si pembeli sudah menandatangani surat tanda terima. Bukannya semestinya mereka mencocokkan jumlah barang dengan nota sebelum menadatangani tanda terima?

Dan hal yang paling membuat saya kesel, sebel, dan marah banget adalah apabila mereka tidak menepati janji sehubungan dengan pembayaran. Ada beberapa pelanggan yang janjinya bayar tanggal sekian, nyatanya meleset hingga berbulan-bulan….

Pelanggan yang terhormat, saya bukan yayasan sosial yang bisa memberikan harga termurah sedangkan Anda menunggak pembayaran hingga berbulan-bulan. Saya juga mempunyai keluarga yang harus saya hidupi, 11 karyawan yang perlu digaji, dan dana untuk membeli barang-barang di toko.

So if the ‘king’s’ become so rude, dictatorial, and does things as they please, we may need to take actions right?

King-hearts

Leave a Reply

