Ende-Ruteng trip…

Setelah terdampar di Ende, hari ini (1 April 2010) kami berencana pulang ke Labuan Bajo. Tapi saya memutuskan untuk transit terlebih dahulu di Ruteng secara jarak dari Ende ke Labuan Bajo jauh banget.

Ruteng merupakan kota yang terletak 7 jam dari Ende dan 3,5 jam dari Labuan Bajo. Ruteng termasuk salah satu kota yang besar dan maju di pulau Flores. Perekonomian di kota ini sangat baik,  maju pesat.

Suami berasal dari Ruteng dan mertua masih tinggal di kota ini. Itulah mengapa saya memilih untuk bermalam di rumah beliau terlebih dahulu. Ga mungkin donk saya membawa Nicole melakukan perjalanan jauh sekaligus. Sekalian mengunjungi adik ipar yang tinggal di sana.

Setelah makan siang, kami check out dari hotel Grand Wisata. Sebelum melakukan perjalanan ke Ruteng, saya berkunjung ke rumah salah seorang teman di Jakarta dulu. Dari rumah teman, kami memutuskan untuk langsung ke Ruteng. Kami start dari Ende pukul 12.30.

Saya ke Ruteng menggunakan mobil mertua. Yeap bener banget..Jadi si supir dari Ruteng ke Ende menjemput saya, lalu kami bersama-sama ke Ruteng lagi. Bersyukur mempunyai keluarga dan supir yang begitu pengertian….How nice..

Sebenarnya sih ada pesawat dari Ende ke Labuan Bajo. Baik suami dan mertua menyarankan saya untuk menggunakan pesawat saja. Namun karena saya sudah trauma dengan pengalaman kemarin, saya memutuskan untuk melakukan perjalanan darat.

Gilaaaaaaa !!!! Medan perjalanan dari Ende-Ruteng benar-benar maut. Jalannya berkelok-kelok. Saat perjalanan tersebut, Nicole mabok dan muntah-muntah (sampai dia ga mau naik mobil). Kasian banget !!! Akhirnya saya memberi obat anti mabok ke dia.

Tapi bersyukur buat pemandangan indah dari Ende-Ruteng. Sedikit terhibur dengan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan ini.

Di tengah-tengah perjalanan, saya menemukan sebuah rumah retret yang sangat indah, rumah retret Mataloko. Sayang foto-foto Nicole di tempat ini hilang, hanya tersisa satu ini saja.

EndeAsli rumah retret ini bagus banget…Hijau dan sangat bersih…Duh bete banget file fotonya kehapus. Padahal saya sudah foto banyak banget…Sigh…!!!

7 jam kemudian, yaitu pukul 20.30 malam kami sampai di Ruteng. Nicole sangat gembira bertemu dengan tante (adik ipar saya) dan anaknya (bernama Carlisle). Nicole sayang banget ama Carlisle, dia selalu ingat dengan titi (adik laki-laki) dia ini.

Yenny, adik ipar, menjamu kami dengan masakan lobster.

Up1Up2Up3Up4Up5Up6

Oh well..Perjalanan dari Ende-Ruteng bener-bener menguras tenaga. Now, its time to sleep…!!!