Cerita antara Nicole dan Nisa

 20 Februari 2011

Nicole mempunyai seorang teman baru, namanya Nisa. Nisa adalah anak dari pegawai tetangga saya. Setiap hari Nisa bermain di rumah, otomatis makan pun juga di rumah saya. Boleh dibilang Nisa sudah seperti anak adopsi saya

100_0106

Mainan yang dimainkan oleh Nicole juga dimainkan oleh Nisa. Begitu pula dengan makanan. Nisa pun memakan makanan dan snack Nicole. Istilahnya tidak ada pembedaan antara Nicole dengan Nisa.

100_0107

Suatu hari saya memperhatikan keduanya saat mereka bermain. Nisa begitu bersemangat dengan segala mainan Nicole. Dia memandang mainan Nicole dengan tatapan kagum dan gembira. Dia memperlakukan mainan Nicole sebagai sesuatu yang berharga.

Nicole sebaliknya. Dia memandang mainan itu sebagai sesuatu yang biasa saja. Malah tidak jarang dia melempar-lempar mainannya sendiri. Mungkin bisa jadi karena dia sudah terbiasa, setiap hari dia bermain dengan mainan-mainan itu.

Begitu pula dengan makanan. Saat makan, Nisa selalu makan dengan lahap dan menghabiskan makanan tanpa sisa. Bagaimana dengan Nicole? Makanan dia terkadang bersisa.

100_0109

Saya pun mulai merefleksikan gambaran ini dengan kehidupan kita.

Seringkali kita cenderung kurang menghargai apa yang telah kita miliki. Entah itu pekerjaan, keluarga, pasangan, maupun teman. Kita memperlakukan mereka biasa aja. Bahkan juga sering complain dengan apa yang kita miliki. Misal, complain akan pekerjaan, padahal banyak orang diluar sana yang belum mendapatkan pekerjaan.

Anehnya, kita baru merasa bahwa sesuatu itu berharga saat kita kehilangan barang tersebut. Giliran kehilangan pekerjaan baru deh mulai berpikir, “Duh, lebih enak ada pekerjaan daripada ga ada samasekali”.

Bahkan sangat mungkin terjadi orang lain justru iri dengan apa yang kita miliki. Apa yang kita anggap biasa saja malah dianggap oleh orang lain sebagai sesuatu yang luar biasa. Dan mungkin saja banyak orang diluar sana yang mau bertukar hidup dengan kita….Saya belajar untuk menghargai segala sesuatu yang telah saya miliki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s