Kecelakaan kecil si External Hardisk….

Tahun 2012 dibuka dengan kejadian tidak mengenakkan. Tepatnya, pada tanggal 2 Januari 2012, external hardisk saya jatuh. Saat ED (untuk menyingkat external hardisk) jatuh, saya santai-santai saja. Sikap saya ini berbalik 180 derajat dengan Andreas, adik ipar saya, yang langsung berkata, “Sao (panggilan untuk kakak ipar dalam tradisi Tionghoa). ED itu ga boleh jatuh !!! Data bisa hilang.”

Saya pun mulai panik dan memasukkan ED ke computer. Ternyata bener !!! Data tidak bisa dibuka. Sigh !!!

Terserah Anda menganggap saya lebay, namun bagi saya external hardisk sangat penting. Selain memuat foto-foto narsis saya (yang penting banget), ED juga memuat beberapa data penting kantor saya.

Sebagai seorang banci social, saya pun posting status di FB. Yeap, saat ini FB merupakan media social yang cukup manjur jika Anda ingin mendapatkan solusi atau saran dari orang lain secara cepat dan cukup akurat (tentunya tergantung dari siapa yang memberikan solusi).

Postingan saya di FB saat itu, “Guys, kalo external hardisk jatuh bisa diselamatkan ga ya? External hardisk gw jatuh..Huuaaaaa…!!!”

Dalam waktu relative cepat, yaitu 4 menit kemudian, datang jawaban dari beberapa teman. Intinya, mereka berpendapat bahwa kemungkinan ada beberapa bagian ED yang retak, dan bisa jadi beberapa datanya ilang.

Lemes…

Ga rela jika ada data yang hilang….

Saya pun mengirimkan ED ke Papa saya. Papa membawa external hardisk ke toko computer langganannya. Untungnya, si toko computer bisa memperbaiki external hardisk saya. Dan PUJI TUHAN datanya tidak ada yang ilang. Thanks God for my papa and toko computer…Data saya selamat !!!

Saya curiga si toko computer ini merupakan reinkarnasi dari Mc. Gyver…Coba deh liat penampakan ED saya yang baru…

Untitled-1_copy

Menurut toko computer, ada beberapa komponen ED yang rusak. Jadi digunakan metode baru agar dapat mengakses si ED ini. Terdapat dua kabel yang terpasang di ED saya, yaitu kabel ke PC dan kabel adaptor.

Img_3139_copy

Gambar diatas adalah kabel yang disambungkan ke PC….Sedangkan gambar di bawah ini adalah kabel adaptor yang harus disambungkan ke listrik.

Img_3135_copy

Sekarang ED saya tidak berbentuk sempurna dan memasangnya pun cukup bikin pusing…

Img_3114g_copy

Tapi ga papa yang terpenting ED masih bisa digunakan. Abisnya kalo beli ED baru harganya selangit. Harga ED saat ini mencapai 1 juta (padahal saya membeli external hardisk lama saya dengan harga 600 ribu saja). Gila mahal banget kan? Konon katanya, naiknya harga ED disebabkan karena banjir di Thailand. Pabrik ED menjadi salah satu korban banjir disana dan pasokan ke Indonesia pun jadi berkurang.

Satu pesan saya….Berhati-hatilah membawa external hardisk, jangan sampai terjatuh seperti saya. External hardisk masih bisa dibeli, tapi data didalamnya tidak tergantikan. Bersyukur banget dalam kasus saya data terselamatkan. Thanks to papa dan si toko computer..YOU GUYS ROCK !!!

Hari ini, 8 Februari 2012, paket kiriman dari Surabaya berisi ED datang. Yeay !!! Senangnya !!! Bisa posting liburan keluarga pas Natal dan Tahun Baru kemarin (dimana foto-fotonya ada di ED ini). Nantikan postingan saya tentang liburan saya dan keluarga ya….

Leave a Reply

