Mommy Tips : Bday Party @ the School….

Merencanakan sebuah pesta ulang tahun itu susah susah gampang. Gampang jika pesta ulang tahun diadakan secara sederhana…Susah jika diadakan besar-besaran..

Pesta ulang tahun yang megah tentu perlu perhatian extra. Mulai dari venue, bentuk undangan, souvenir, hingga konsep acaranya harus dipikirkan masak-masak…Oleh karena itu sebelum membuat sebuah pesta ulang tahun perlu dipikirkan skala dari pestanya, apakah akan dibuat besar dan megah? Atau  sederhana saja?

Pendapat saya pribadi, pesta besar dan kecil tidak berefek apapun kepada anak. Itu hanyalah menyangkut ego dan gengsi dari orang tua.

Jika dilihat dari sudut pandang anak, yang terpenting adalah keramaiannya. Ramai maksudnya ada balon, kue tart, kehadiran teman-teman, tiup lilin, dan lagu ulang tahun.

Namun goal dari orang tua biasanya berbeda dengan goal anak-anak. Daripada keramaian, orang tua cenderung memilih gengsi. Pesta ulang tahun yang besar dan megah tentunya dapat menaikkan gengsi keluarga.

Dalam kasus saya, saya memilih untuk mengadakan acara ulang tahun Nicole secara sederhana saja. I don’t care about ‘gengsi’or what so ever….

Ada 3 hal yang melatar belakangi pesta sederhana, yaitu tempat, males repot, dan tentu saja budget. Seperti yang telah saya ceritakan di blog sebelumnya, rumah saya itu kecil dan sempit. Jadi tidak mungkin mengundang teman-teman sekelas Nicole yang berjumlah lebih dari 20 ke rumah saya. Belum lagi ditambah undangan dari teman suami….

Alasan kedua, malas repot. Kondisi di Labuan Bajo bertolak belakang dengan di kota besar. Di kota besar banyak tempat-tempat ulang tahun yang menyediakan paket lengkap, yaitu venue sekalian dengan makanannya. Sedangkan di Labuan Bajo harus menyiapkan makanan sendiri, alias kudu masak sendiri…Ribet….Apalagi saya tidak bisa masak sama sekali…

Dan ketiga, BUDGET….Seperti kita ketahui, kebutuhan dalam sebuah rumah tangga itu banyak sekali, ibarat A to Z…Mengingat banyaknya kebutuhan itu, tidak bijaksana jika saya membuat sebuah pesta yang kemegahannya melebihi pesta pernikahan Prince William dan Kate Middleton…LOL…

Kate-middletonprincewilliam-wedding_dress

Itulah mengapa seorang ibu, yang juga merangkap tugas sebagai bendahara keluarga, perlu sekali untuk berpikir masak-masak. Apakah sebuah pesta megah itu penting dibandingkan dengan keperluan keluarga lainnya? Intinya : Nomorduakan gengsi atau prestige dan kawan-kawannya terlebih dahulu deh…

Di postingan sebelumnya saya telah bercerita bahwa ulang tahun Nicole kali ini diadakan di sekolah saja. Sehubungan dengan hal itu, kali ini saya ingin berbagi tips merayakan ulang tahun di sekolah.

Note : besar kecilnya sebuah pesta juga harus disesuaikan dengan sekolahnya. Sekolah Nicole sih emang sederhana sekali. Tidak semewah sekolah di kota-kota besar. Di kota besar seringkali pesta diadakan dengan mewah (walau di sekolah).Namun kalo di Labuan Bajo diusahakan membuat sebuah pesta sederhana untuk meminimalisir kesenjangan sosial.

Tips merencanakan perayaan ulang tahun sederhana di sekolah ala saya adalah :

1. Sebelum acara, mintalah ijin terlebih dahulu kepada kepala sekolah atau guru wali kelas. Sekaligus bertanya kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan perayaan ulang tahunnya.

2. Tanyakan mengenai kebijakan sekolah tersebut. Apakah si anak diperbolehkan memakai baju bebas? Kebijakan di sekolah Nicole sih dilarang memakai baju bebas, walaupun si anak berulang tahun.

3. Juga pastikan mengenai acara apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Di sekolah Nicole dilarang mengadakan games atau acara heboh lainnya..Sebisa mungkin sesuaikan bentuk acara dengan kebijakan sekolah…

4. Tanyakan berapa jumlah guru dan teman-teman sekelasnya. Hal ini bertujuan untuk menentukan jumlah souvenir yang akan dibagikan.

5. Tentukan tema ulang tahun si anak. Hal ini menentukan karakter kartun yang akan dipakai pada souvenir dan kue tart.

6. Persiapkan souvenir dan jangan lupa menghubungi toko kue untuk membuat kue tart.

7. Persiapkan undangan dan bagikan minimal 2 hari sebelumnya.

Kalo Nicole tidak membagikan undangan, sebab undangan diinformasikan secara lisan oleh guru wali kelas.

8. Sehari sebelum perayaan, persiapkan souvenir, kue tart, dekorasi, atau barang-barang lainnya yang akan dibawa ke sekolah. Hal ini untuk meminimalisir tertinggalnya barang-barang.

9. Pada hari H, usahakan datang lebih awal. Bukan tepat waktu ya…Tapi lebih awal…Persiapkan segala sesuatunya sebelum teman-teman yang lain datang.

10. Jangan lupa membawa kamera untuk mendokumentasikan momen penting anak. Jangan lupa juga untuk mengisi penuh baterai serta mengosongkan data di memory card kamera.

11. Saat perayaan mama atau papa kudu datang. Dan usahakan datang dengan baju dan make up yang sopan. Jangan datang ke sekolah dengan baju bling-bling ataupun make up menor…Oh gosh…Ingat !! Itu sekolah, bukan gedung pesta…

Ini dia make up saya hari itu. Soft kan? Tanpa lipstik merah merona, eyeliner, maskara, apalagi bulu mata palsu😀 I only put soft brown blush on and lipstick…Maaf saya lupa mendokumentasikan outfit saya…

Img_0594_copyImg_0626_copy

Oke deh mommies, sekian tips dari saya…Semoga berguna *_*

2 thoughts on “Mommy Tips : Bday Party @ the School….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s