Apa bedanya kehamilan pertama dengan ketiga?

(note : ini adalah kehamilan ketiga saya, kehamilan kedua saya mengalami keguguran)…

Jawaban saya : BEDA BANGET…Bisa dibilang beda 180 derajat.

Dari segi situasi aja udah beda jauh…Saat saya hamil Nicole, saya baru menikah dan sama sekali tidak bekerja.  Jadi kehamilan pertama bener-bener serasa seperti di Surga. Free from stress !! Hidup saya dedicated for my 1st pregnancy…

Saat kehamilan pertama sepertinya hanya 3 tanda (please read my previous post) yang saya alami, yaitu haid tidak datang, sering pipis, dan cepat mengantuk. That’s it..

Yang namanya mual dan muntah sama sekali tidak pernah saya alami. Ibaratnya saya dah seperti Wonder Woman saat itu. Bener-bener kuat dan sehat banget….:D

Wonder-woman-wonder-woman-3340058-1280-1024

Saat saya hamil 6 bulan, terjadi banjir besar di Pasuruan. Dengan gagahnya saya bantu ngepel dan bersihin rumah nenek saya yang terkena banjir dahsyat. Bersama dengan perut yang makin membuncit, saya membersihkan rumah nenek 2 hari penuh. Dan Puji Tuhannya tidak merasakan / mengalami capek, flek, dan keluhan hamil lainnya. Bener-bener Hercules versi cewek deh😀

Begitu juga dengan mengidam. Saya ga ngidam aneh-aneh saat hamil Nicole. Palingan di awal-awal kehamilan saya jadi demen makan snack asin seperti Taro, coklat Silver Queen rasa almond, sayur asem, dan rawon….Mmm…Mungkin karena saat itu mulut saya pahit, makanya saya cenderung pengen makan sesuatu yang tasty…

Semua makanan saya hajar saat hamil Nicole. Mulai dari ikan laut yang amis sampe sayur-sayuran saya embat semua. Mual dan muntah jauh dari  kamus saya….Jika dirumuskan, makanan saya saat itu bener-bener 4 sehat 5 sempurna…

4-sehat-5-sempurnaNah kehamilan ketiga ini berbeda 180 derajat dibandingkan dengan kehamilan pertama…Saya dulunya yang super woman abis berubah menjadi wanita lemah tak berdaya. LOL…

Tiap kali mau makan selalu muntah. Segala makanan berbahan dasar ikan tak terjamah. Makanan yang bisa masuk hanyalah bakso dan mie ayam ala kaki lima dan spagethy ala bintang lima (bertolak belakang banget yak?)…Sampe paranoid dibuatnya. Ketakutan saya adalah anak kedua kekurangan gizi dan tidak secerdas Nicole…

Bukannya mau sombong, Nicole tergolong anak cerdas. Yah secara saya rutin mengkonsumsi ikan dan makanan bergizi lainnya selama hamil Nicole..

Di kehamilan kedua ini saya juga moodyyyyyy abissss….Cepet merasa happy dan cepet merasa sedih…Misalnya nih ya di detik ini happy banget, eh detik berikutnya jadi pengen marah. Yang sering jadi korbannya –> suami dan para pegawai. Hehehehe…Sorry guys…

Entah kenapa ya suasana hati saya jadi gelap, segelap langit malam (ciehhh…)…Rasanya pengen ngamuuuukkk terus…Kalo pas hamil Nicole sepertinya suasana hatiku ceria, ga ada yang namanya ngamuk ataupun sedih. Happy all the time😀

7221362-a-frustrated-and-angry-woman-is-screaming-out-loud-and-pulling-her-hairSaat ini saya juga jadi kebo banget. Bawaannya pengen bobo seharian.. Tiap kali melakukan suatu aktifitas jadi gampang banget capek. Napas sering ngos-ngosan. Badan suka pegel-pegel…

Dan parahnya, saya juga mengalami yang namanya sembelit. Widihhh…Susah banget mau BAB. Atas persetujuan dari Dokter Kandungan, saya juga mengkonsumi obat pencahar bernama Dulcolactol Lactulose Syrup..Menurut beliau obat ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil. And thanks God obat ini sangat membantu banget.

Btw, kok kayaknya isi blog kali ini full dengan complain atas kehamilan ketiga ya? Hehehhe….Bukannya mau complain ya…. Tapi ini bener-bener sesuatu yang saya alami selama kehamilan ketiga ini.

Dipikir-pikir, Tuhan itu ajaib. Antara kehamilan yang satu dengan yang lain bisa berbeda 180 derajat seperti ini…

Makanya sangat tidak bijaksana jika seorang ibu suka membandingkan antara anak  yang satu dengan yang lainnya…Sifat anak ga bakalan bisa sama persis. Sama halnya dengan symtomps selama kehamilan dimana kehamilan anak satu dengan yang lainnya tidak sama persis gejala dan tandanya.

Itulah mengapa, selama kehamilan ini saya menyiapkan mental dan hati saya, bahwa saya tidak bisa menuntut anak kedua sama seperti Nicole.

Satu kata : semua anak itu unik. Cara penciptaannya pun ajaib….

Leave a Reply

