17 Aug 12 : Happy Independence Day, Indonesia !!!

Di hari kemerdekaan ini, saya sebagai warga Negara mempunyai banyak harapan bagi bangsa tercinta. Melewatkan hampir seluruh hidup tinggal di Negara ini menyebabkan saya mempunyai ‘love-hate relatonship’ dengan Indonesia.

Saya cinta Negara ini. Karena sebenarnya Negara ini menyimpan begitu banyak potensi. Baik dari segi alam, maupun sumber daya manusianya.

Di sisi lain, saya juga mempunyai pandangan negative akan bangsa ini.

Bagaimana tidak saat saya melewatkan masa kecil hingga remaja di Pasuruan hidup saya diwarnai dengan diskriminasi. Seringkali saya dipanggil “Cina…Cina…” saat berjalan di jalanan. Bahkan saat film Meteor Garden booming, panggilan Cina pun berubah menjadi San Cai.

Diskriminasi ini tidak hanya sebatas julukan Cina yang melekat bersamaan dengan mata sipit saya. Namun juga sering dialami oleh orang tua saat mengurus surat-surat. Sampai saya pernah berpikiran, so what kalo gw cina?

Akhirnya rasa benci berubah menjadi cinta sejak saya pindah ke Jakarta.

Jakarta

Di kota metropolitan ini saya bertemu dengan banyak teman pribumi yang berwawasan luas. Alih-alih dipanggil Cina, mereka malah sangat menghormati saya. Bahkan, saya mulai bisa bergaul akrab dengan teman pribumi.

Yang bikin makin seneng, teman pribumi saya ini hebat-hebat loh. Ada teman batak yang pinter banget menyanyi. Ada teman Jawa yang otaknya encer banget. Ada temen Betawi yang setia kawan abis.

Sebenarnya, setiap suku di Indonesia ini unik dan memiliki talentanya masing-masing. Bayangin deh kalo segala talenta ini dapat dikembangkan dengan baik. Bukannya ga mungkin jika teman Batak saya bisa menjadi penyanyi yang mendunia. Bahkan, saat saya membaca twitter Good News from Indonesia, banyak sekali prestasi yang telah diukur oleh anak bangsa.

Keren…Pasti keren banget jika SDM berkualitas digabungkan dengan kekayaan alam Indonesia. Pasti Negara ini menjadi bangsa besar yang hebat.

Pendapat saya pribadi, sebenarnya akar permasalahannya bukan karena perbedaan suku atau agama. Tapi lebih kepada pendidikan. Seseorang yang berpendidikan rendah dan berwawasan sempit cenderung menolak perbedaan. Mereka menganggap bahwa mereka adalah yang terhebat.

Jadi apa harapan saya pada hari kemerdekaan kali ini?

Saya berharap ada pemerataan pembangunan dan pendidikan hingga ke pelosok daerah Indonesia. Jangan memfokuskan pembangunan hanya di Pulau Jawa. Banyak daerah yang belum terbangun dengan baik. Flores misalnya.

Fyi, Flores merupakan sebuah pulau yang cantik. Tidak heran jika banyak investor asing yang membuka bisnis di sini, salah satunya di Labuan Bajo. Sayangnya…Sarana dan prasarana di sini belum terbangun dengan baik.

Bagaimana Flores bisa maju jika rakyatnya tidak diperlengkapi dengan infrastruktur dan pendidikan yang memadai? Bagaimana investor asing bisa bertahan jika bisnis mereka mentok dengan sarana dan kualitas SDM?

Itulah mengapa pembangunan dan pendidikan harus merata hingga ke pelosok daerah. Indonesia harus menjadi Negara yang berkembang, dimana semua SDM nya berpendidikan dan berwawasan luas.

Ingat, Indonesia tidak hanya berarti pulau Jawa, namun juga mencakup pulau-pulau lainnya…Merdeka !!!

Bendera-merah-putih2

Leave a Reply

