1st Trimester : Kolesterol…

Di awal bulan Juni , tepatnya sebelum mengetahui kehamilan, saya mengalami sakit pada pundak saya. Saaaakkkiiiittt bangettt…Rasanya badan ini pegel dan linu banget….

Pada saat itu dugaan saya jangan-jangan saya terjangkit asam urat…

Saya pun memutuskan ke dokter langganan di Labuan Bajo. Sialnya hari itu si Dokter lagi business trip ke Bali. Suami pun menyuruh saya pergi ke seorang mantri (asisten dokter) bernama Mantri Frans.

Mantri ini termasuk orang yang berpengalaman. Walau tidak menyandang gelar dokter, beliau cukup piawai dalam menganalisa penyakit pasien. Memang tidak dapat dikategorikan ciamik banget. Tapi cukup oke untuk ukuran Labuan Bajo. Intinya beliau ini pinter karena pengalaman…

Yang bikin saya shock adalah si mantri ini modal banget. Dia memiliki alat tes darah di rumahnya. Alat tesnya sederhana, bukan kelas laboratorium, hanya kelas rumahan. Tapi mampu mendiagnosa penyakit semacam kolesterol, diabetes, dan asam urat.

Lalu si mantri mulai cek darah saya…Hasilnya?

KOLESTEROL…

Kolesterol

Waaakksss…Saya kaget dibuatnya…

Masak saya yang masih muda ini menderita kolesterol? Sepertinya ini penyakit om-om dan tante-tante deh :D…

Kemudian saya menghubungi tante saya yang juga berpenyakit kolesterol. Tante saya merekomendasikan sebuah obat bernama litorcom. Menurut dia, obat ini ciamik…

Namun sialnya (lagi) obat ini tidak ada di Labuan Bajo. Fyi, susah sekali loh cari obat-obatan berkualitas di Bajo😦 Karena tidak menemukan obat ini, saya meminta tante untuk mengirimkan obat ini dari Surabaya via pesawat.

Sambil menunggu obat dari Surabaya tiba di Labuan Bajo, saya mengkonsumsi obat kolesterol generik dari Mantri….Yah secara badan udah sakit semua saya pun memutuskan untuk minum ajalah si obat kolesterol ini…Dan percaya ga percaya, berangsur-angsur badan saya mulai sehat…

Berarti bener…Orang muda juga dapat terjangkit kolesterol…

Setelah saya mengetahui bahwa saya hamil, saya pun berkonsultasi via bbm dengan dokter kandungan saya di Surabaya. Saya menjelaskan bahwa berdasarkan alat tes darah sederhana, saya didiagnosa kolesterol.

Saya ingin memastikan apakah kolesterol berbahaya bagi kehamilan? Dan apakah saya masih bole mengkonsumsi obat kolsterol selama kehamilan ini?

Jawaban si dokter cukup mengejutkan. Menurut beliau, kolesterol ibu hamil pasti tinggi. Jadi sebenarnya belum pasti apakah saya memang sakit kolesterol atau gara-gara hamil maka kolesterol saya tinggi. Untuk itu, saya juga diharuskan menghentikan konsumsi obat ini selama kehamilan…

Leganyaaa…

Semoga ya ini hanya kolsterol selama hamil. Saya ingin menjadi orang yang bebas dari penyakit hingga tua nanti😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s