Prego Edition : Mencari dokter kandungan yang ideal…..(terutama untuk area Surabaya)…

Blog ini akan saya batasi pada pengalaman saya menemukan dokter kandungan ideal di Surabaya. Bagi mommies yang mencari dokter di kota selain Surabaya, postingan ini tetap dapat digunakan sebagai acuan.

Fyi, saya telah berganti 4 dokter kandungan terhitung dari kehamilan pertama hingga ketiga. Gila banyak juga ya? Bisa dibilang saya cerewet atau cenderung picky plus ga gampang puas. Itulah mengapa saya cenderung membandingkan antara dokter yang satu dengan yang lain sampe menemukan yang benar-benar cocok bagi saya.

Dokter kandungan pertama saya adalah Dr.Suhatno, dokter kandungan mama. Beliau merupakan dokter kandungan yang sangat terkenal di Surabaya, terutama untuk penyakit kandungan.

Namun, sepertinya saya kurang berjodoh dengan Dr. Hatno. Sebab antri dokter ini panjaaaaannggg dan laaaammma banget. Kira-kira bisa memakan waktu hampir 3 jam hanya untuk mengantri. Belum lagi untuk setiap pemeriksaannya, langsung 3 orang masuk ke ruang periksa. Jadi ga bebas deh jika mau berkonsultasi. Terburu-buru dengan 2 pasien lainnya..

Lalu dokter kandungan berganti ke Dr. Iwan Juanda. Saya mengenal beliau dari mertua saya. Atas saran dari beliau, saya pun memutuskan untuk memilih beliau sebagai dokter penolong saat melahirkan Nicole dulu.

Namun sejujurnya saya kurang suka dengan Dr. Iwan Juanda. Antrinya juga lama (namun tidak selama Dr. Suhatno) dan orangnya kurang komunikatif dan informative.

Akhirnya selama kehamilan Nicole, saya juga ‘mendua’…LOL….Selain ke Dr. Iwan, saya juga memeriksakan kehamilan saya ke dua dokter lainnya, yaitu Dr. Amang dan Dr.  Didi Dewanto.

Nah…Dr. Amang dan Dr. Didi nih enak banget orangnya…Sangat informative, komunikatif, dan antrinya ga lama. Plus mereka berdua ini pro ASI.

Saat hamil Nicole dulu, Dr. Amang baru saja pindah ke Surabaya. Saat itu pasiennya belum sebanyak sekarang. Bisa dikatakan saya ga perlu mengantri saat mau kontrol. Beliau juga menawarkan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 4D.

Sayangnya, seiring dengan berjalanya waktu, pasien Dr.Amang jadi banyak buanget…Antrinya pun semakin panjang. Itulah mengapa saya pun beralih dari Dr. Amang…

Dan akhirnya pilihan terakhir saya jatuh ke Dr. Didi. Dari kehamilan Nicole (namun tidak pada saat melahirkan, hanya sebatas check up), kuret pada saat keguguran di kehamilan kedua, hingga check up pada kehamilan ketiga, saya mempercayakan sepenuhnya ke Dokter Didi.

Didi_dewanto

Kriteria saya memilih dokter kandungan ideal adalah :

1. Dokternya pintar, kompeten, memiliki wawasan dalam bidang obstetric dan ginekologi.

2. Bersedia menjawab plus tidak menertawakan pertanyaan yang kita ajukan bahkan pertanyaan bodoh sekalipun.

   Apalagi saat kehamilan pertama pasti akan banyak sekali pertanyaan bodoh yang dimiliki oleh bumil. Tapi yah wajar, wong sebelumnya kita ga pernah hamil, right?

   Di saat-saat kehamilan pertama, begtu banyak pertanyaan bodoh di benak saya. Misal : makan pedes bole ga? Lalu bagaimana dengan mitos yang mengatakan bahwa bumil ga bole mengangkat tangan saat hamil karena takut plasenta terlepas? Dan pertanyaan bodoh lainnya…LOL…

   Untungnya Dr. Didi tidak menertawakan pertanyaan bodoh ini, justru beliau meluruskan mitos yang beredar di masyarakat.

3. Mudah dihubungi setiap saat, komunikatif dan informative.

   Ini adalah hal yang paling penting mengingat saya tinggal di Labuan Bajo, dimana di sini tidak ada dokter kandungan yang memadai. Dr. Didi sangat mudah sekali dihubungi bahkan melalui media Blackberry messenger sekalipun…

4. Mendukung ASI eksklusif dan persalinan secara normal.

5. Dokternya ramah

6. Lokasi tempat prakteknya strategis, dekat dengan rumah.

   Kebetulan Dr. Didi berpraktek di RS. Husada Utama, sebuah rumah sakit yang bagi saya merupakan The Best Hospital in Town. Saya sangat puas dengan pelayanan dari rumah sakit ini. Untuk lebih jelasnya akan saya ceritakan di blog saya selanjutnya.

7. Antri tidak lama. Ini penting banget. Apalagi saat hamil, stamina ibu hamil tidak seprima ibu yang tidak mengandung. Jika dokter Anda merupakan dokter yang terkenal dan memang Anda sreg/puas dengan beliau, pastikan si dokter memiliki cara pendafaran pasien yang efisien, sehingga kita ga perlu lama mengantri. Dan kebetulan system pendaftaran pasien Dr. Didi sangat efisien, sehingga kita ga perlu mengantri lama-lama

8. Secara chemistry cocok dengan saya.

Dari kedelapan point diatas, Dr. Didi mampu memenuhi itu semua. Itulah yang makin memantabkan niat saya untuk mempercayakan kehamilan ketiga ini kepada beliau..

Beruntung saya bertemu dengan Dokter yang sangat helpful. Thanks doc !!!

4 thoughts on “Prego Edition : Mencari dokter kandungan yang ideal…..(terutama untuk area Surabaya)…

  1. Setuju,dr. Didi org nya enak,baik dan low profile,terus gak mata duitan hehe,bagi beliau kalo dirasa gak penting gak perlu dilakukan.
    Orangnya sabar plus telaten,semua pertanyaan diladeni dan yg paling penting ngantrinya gak pake lama

      • bu maaf mau tanya kalo mau tanya kalo untuk yg berkaitan dengan peyakit sekitar kandungan gimana?
        apakah pernah ada pengalaman dengan dokter didi atau pun dokter lainnya?
        matur nuwun n terima kasih…

      • Hai, kalo boleh tau anda cari spog di daerah mana?
        Kalo surabaya, coba ke Dokyter Suhatno. Beliau ini seniornya Dokter Didi.
        Ibu saya pernah mengalami sakit di kandunganannya dan ditangani oleh Dokter Suhatno.
        Dokter Suhatno juga praktek di Husada Utama.
        Coba aja telpon ke Husada Utama untuk info lebih jelas tentang jam prakteknya…
        Semoga membantu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s