28 Sep 12 : Lebih jauh tentang mata…

Saat saya memeriksakan diri ke Dr. Sawitri saya bertanya mengenai kebiasaan Nicole menonton televisi dalam jarak dekat.  Saya bertanya-tanya mengapa Nicole suka banget menonton TV dalam jarak sedekat itu.

Apakah mata Nicole minus? Ataukah karena hal-hal lainnya? Dan apakah saya dapat memeriksakan mata Nicole ke dokter mata?

Dr. Sawitri menjelaskan bahwa pemeriksaan mata dapat dilakukan jika si anak sudah dapat membaca (secara tes nya kan mengharuskan si anak membaca teks di layar). Dan sebaiknya dilakukan saat anak menginjak bangku SD.

Jika saat SD si anak tidak dapat melihat ke papan tulis maka ada kemungkinan si anak menderita mata minus.  Beliau menambahkan jika orang tua memakai kacamata, maka ada kemungkinan si anak juga bakalan memakai kaca mata. Wah kabar buruk nih…Soalnya saya dan suami sama-sama pemakai kacamata..

Lalu bagaimana dengan pencegahannya? Tentu saja si anak tidak boleh menonton televisi dalam jarak dekat. Plus harus membaca dalam posisi duduk dengan penerangan yang cukup…Dan juga jangan lupa memberikan makanan bergizi untuk anak.

Berbicara mengenai gizi, saya bertanya apakah wortel adalah salah satu makanan wajib? Menurut Dr. Sawitri teori wortel berguna untuk mata itu hanyalah teori kuno. Dengan becanda beliau menambahkan, “Yah memang sih bu ga ada kelinci yang pake kacamata..”…LOL….

Semoga informasi ini berguna untuk para mommies ya….

PS : untuk informasi tambahan seputar tanda-tanda anak membutuhkan kacamata dapat mommies baca di urbanmama

Leave a Reply

