28 Sep 12 : Lebih jauh tentang Dermatitis Atopic..

Nicole tergolong anak yang sehat. Sejak bayi hingga berusia 4 tahun, Nicole jarang sekali sakit yang aneh-aneh. Palingan sakit yang dia derita hanya sebatas flu, batuk, dan demam biasa. Namun tidak demikian dengan kulitnya. Kulit Nicole tergolong rewel –> gampang kering dan gatal-gatal.

Kalo kena makanan yang ga tepat, kulit mukanya langsung merah-merah…Belum lagi dengan pelembab dan sabun beraroma. Langsung bikin kulit dia kering. Kulit Nicole tidak mudah cocok dengan aneka sabun dan pelembab baby di pasaran macam Zwitsal, Johnson, dsb.

Saat Nicole berusia 6 bulan sampai 1.5 tahun, kami sekeluarga tinggal di Ruteng. Sebuah kota di Flores NTT yang merupakan dataran tinggi. Ruteng ini merupakan kota bercuaca dingin. Kalo pas dingin-dinginnya, suhu di Ruteng bisa mencapai 13 derajat.

Nah saat di Ruteng alergi Nicole makin menjadi-jadi. Saking dinginnya kulit Nicole jadi makin kering. Alhasil dia tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Dia selalu menggaruk mukanya.

Saya sempat berkonsultasi dengan Dr. Myrna, dokter spesialis kulit yang berpraktek di RS. Premies Surabaya. Menurut beliau Nicole terkena Dermatitis Atopic. Pada kasus DA yang parah diperlukan salep dengan dosisi yang lebih keras. Saat baby Nicole mendapat salep protopic. Oya, pastikan salep yang diresepkan oleh dokter tidak mengandung steroid ya…

Sedangkan untuk treatment sehari-hari, Dr. Myrna memberi beberapa saran berikut ini :

1. Kunci anak atopic adalah kulitnya tidak boleh kering. Saat masih baby malah dianjurkan tidak perlu mandi. Cukup dibilas dengan menggunakan air yang ditetesi baby oil.

2. Agar kulit lembab, maka perlu diolesi pelembab berulang kali. Apalagi jika tinggal di sebuah kota dengan cuaca dingin.

3. Pastikan lingkungan di rumah bersih–> bebas dari kotoran dan debu. Tips : cuci handuk dan sprei seminggu sekali. Dan juga bersihkan rumah dengan cara lap. Karena kalo menggunakan bulu ayam debu tidak dapat hilang, malah akan terbang ke perabotan lainnya

4. Harus memperhatikan makanan yang masuk. Dalam kasus Nicole, Dr.Myrna malah melarang Nicole makan ayam, sebab ayam bisa memicu alergi. Beliau menyarankan ikan sebagai MPASI pertama. Asal ikannya dipilih secara selektif, karena ada beberapa ikan yang malah memicu alergi.

Produk-produk yang disarankan untuk anak penderita Atopic antara lain :

1. Sabun : Mustella Stelatopia, Physiogel, Oilatum

2. Pelembab :Mustella Stelatopia Emollient Cream, Physiogel, Noroid

Untuk produk yang saya sebutkan diatas, Nicole pernah mencoba menggunakan Mustela Stelatopia. Namun produk ini saya gunakan hanya saat Nicole baby. Soalnya mahal bow..LOL…Kalau Anda tidak terlalu peduli dengan harga, Mustella ini merupakan pilihan tepat. Pelembab ini benar-benar bagus untuk baby. Melembabkan dengan instant.

Jika Anda termasuk ibu yang memperhatikan sisi ekonomis seperti saya, maka dapat dicoba sabun oilatum dan pelembab Physiogel / Noroid. Ketiga produk ini  memberikan hasil yang memuaskan dengan harga yang lebih terjangkau.

Hari ini saat saya check up ke Dr. Putu saya bertanya kembali tentang kulit Nicole. Pendapat beliau juga sama seperti Dr. Myrna. Beliau menambahkan kulit alergi Nicole mungkin turunan dari saya, mengingat saya juga penderita alergi kulit.

2 thoughts on “28 Sep 12 : Lebih jauh tentang Dermatitis Atopic..

  1. Mbak anakku usia 6 bulan juga kena DA. Beberapa kali ke dr.kulit pasti dikasih salep racikan dan salah stunya elox yang mengandung steroid. Mbak dikasih salep apa sama dr.kulitnya?

    • Hai mbak, kalo bisa hindari salep yang mengandung steroid…
      Kalo dokter kulit anak saya sih cuman kasi Mustella itu aja…
      Mustella kan aman, dia hanya pelembab kulit…

      Kalo parah sih emang dikasi salep…Tapi salep yang dikasi oleh dokter tetep bebas steroid.
      Saya lupa namanya…Nanti saya info ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s