Prego Edition : Suplemen selama kehamilan dan pentingnya Asam Folat

Banyak ibu hamil yang berpikiran bahwa suplemen selama kehamilan adalah segalanya. Padahal, suplemen dari dokter gunanya untuk memastikan bahwa gizi kita cukup terpenuhi.

Apalagi pada kasus ibu hamil yang sering muntah dan makanan tidak dapat masuk satupun ke tubuhnya. Dalam hal ini suplemen dibutuhkan. Namun jika asupan nutrisi lengkap dan seimbang, mencakup 4 sehat 5 sempurna, maka suplemen tidak diperlukan lagi.

Saya mempunyai seorang teman bernama Monika. Selama kehamilannya, dia selalu makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Dia sih sangat percaya diri dengan asupan gizi yang masuk ke tubuhnya. Oleh karena itu, dia tidak minum suplemen sama sekali. Dan hasilnya anaknya terlahir dengan sehat dan sempurna.

Pada kasus saya, saya mengkonsumsi vitamin baik pada kehamilan I maupun III ini. Apalagi pada kehamilan ketiga ini saya sangat rewel makan dan sepertinya overdosis bakso…LOL….Gara-gara ga PD dengan kandungan nutrisi pada bakso, saya pun memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin.

Saya pun berkonsultasi via BBM dengan Dr. Didi mengenai vitamin apa yang harus saya minum pada awal kehamilan. Konsultasi saya lakukan dengan media BBM karena saya dilarang naik pesawat pada kehamilan 1 hingga 3 bulan.

Beliau menganjurkan agar saya meminum suplemen Folavit, suplemen asam folat (dosis 1×1). Seperti kita ketahui, asam folat sangat penting di awal-awal kehamilan untuk pembentukan organ janin, menghindari cacat tulang belakang dan gangguan pertumbuhan otak janin.

Waktu terpenting dalam mengkonsumsi asam folat adalah sejak periode menstruasi terakhir sampai lima minggu pertama kehamilan. Jadi dapat disimpulkan bahwa suplemen asam folat justru harus dikonsumsi sebelum Anda mengandung.  Jadi jika Anda sudah merencanakan kehamilan, Anda dapat mulai mengkonsumsi suplemen asam folat ini.

Selain melalui suplemen, asam folat juga bisa didapat melalui makanan. Makanan yang kaya akan asam folat antara lain gandum utuh dan sayuran berwarna hijau (misal : bayam).

Fyi, pengkonsumsian asam folat harus dihentikan di akhir-akhir kehamilan. Menurut majalah Ayahbunda No. 07 halaman 30 (4-17 April 2010), anak-anak yang ibunya mengkonsumsi suplemen asam folat 300 mikrogram/hari di akhir masa kehamilannya, yakni di atas 30 minggu lebih beresiko menderita asma di usia 3 tahun dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak mengkonsumsi asam folat. Hal ini diduga karena asam folat mempengaruhi aktifitas sistem kekebalan tubuh di jaringan paru janin.

Bayuam

Karena saya juga takut dengan ancaman pre-eclampsia, saya juga meminta suplemen tambahan untuk mencegah pre-eclampsia. Saya pun dianjurkan meminum Dalfarol (dosis : 1×1).

Selain kedua suplemen yang diresepkan oleh Dr. Didi, saya juga minum suplemen lainnya dari MLM, yaitu Maternity (dosis : 2×1, namun saya tingkatkan menjadi 3×1 saat saya banyak mengkonsumsi bakso dan ga PD dengan asupan gizi) dan Super Green Food (dosis : 6×1).

Berbicara mengenai Super Green Food, suplemen yang satu ini sangat membantu mempertahankan stamina saya. Badan jadi lebih fit dan tidak terlalu gampang capek. Plus tidur di malam hari juga lebih nyenyak. Namun suplemen ini saya hentikan menginjak kehamilan 3 bulan. Sebab saya takut malah terlalu over vitamin. Vitamin yang terlalu berlebihan malah dapat menyebabkan si baby hyperactive.

Img_2437_copyNah, pada kunjungan I saya ke Dr. Didi, beliau mengubah dan menambah suplemen yang harus saya konsumsi, yaitu Prolacta DHA (dosis 1×1), yang merupakan suplemen DHA sekaligus kalsium (jadi saya tidak perlu mengkonsumsi suplemen kalsium lagi) dan Folamil Genio (dosis 1×1), yang merupakan multi vitamin untuk ibu hamil.

Dr. Didi juga melarang saya untuk meneruskan pengkonsumsian asam folavit. Jadi kesimpulannya memasuki bulan keempat ini ada beberapa vitamin yang saya konsumsi, yaitu : Folamil Genio, Prolacta DHA, Dalfarol, dan Maternity.

Img_2440_copyImg_2441_copyItulah suplemen yang saya konsumsi sejak trimester I hingga saat ini (24 minggu). Bagaimana dengan Anda mommies?

One thought on “Prego Edition : Suplemen selama kehamilan dan pentingnya Asam Folat

Leave a Reply

