Prego Edition : Narkoba, Alkohol, dan Rokok bagi wanita hamil….NO SMOKING, PLS !!!

Ada beberapa hal yang harus dan kudu banget dihindari oleh ibu hamil, yaitu : minuman keras, wine, rokok, dan narkoba. 

NARKOBA

Berbicara mengenai narkoba mah jangan ditanya lagi. Segala obat-obatan ini memang dinyatakan merusak tubuh kita. Jangankan orang hamil, orang yang normal (tidak hamil) saja dilarang keras mengkonsumsi barang yang satu ini.

Narkoba

ALKOHOL/WINE

Selain narkoba, ibu hamil juga harus menghindari segala minuman beralkohol termasuk didalamnya wine. Sebab minuman beralkohol dapat menyebabkan risiko Fetal Alcohol Syndrome atau sindroma bahaya alkohol terhadap janin, seperti keterbelakangan mental, cacat bawaan, kesalahan pembentukan atau mal formasi wajah, disfungsi system saraf pusat, dan kegagalan system organ tubuh (Seri Ayahbunda halaman 31).

Alkohol juga dapat menyebabkan resiko lahir premature, berat badan lahir bayi rendah, komplikasi persalinan dan keguguran.

Sebelum saya mengetahui bahwa saya hamil, saya sempat kecolongan minum segelas wine. Saya pun mulai panic dan parno. Hasil diskusi dengan Dr.Didi serta hasil membaca buku “What to expect when you are expecting” menyebutkan bahwa sedikit minum alkohol diawal kehamilan tidak membahayakan embrio yang sedang bertumbuh.

Tetapi yang menimbulkan masalah adalah jika si bumil tetap melanjutkan minum alkohol secara teratur selama hamil. Hal ini dapat menimbulkan masalah mengingat alkohol dapat masuk ke aliran darah janin dalam konsentrasi yang kira-kira sama dengan yang ada dalam darah ibu.

Janin memerlukan waktu dua kali lebih lama daripada ibunya untuk mengeluarkan alkohol dari dalam system tubuhnya. Oleh karena itu janin dapat sudah akan pingsan ketika ibunya masih bersenang-senang dan belum mabuk (What to expect page 74).

So mommy, jangan diterusin ya maboknya…Cukup sekali aja..LOL..

Tjahjono

ROKOK

Nah…Selama hamil, kebencian saya akan rokok makin menjadi-jadi. Perlu saya tekankan bahwa yang saya benci adalah rokok dan bukan perokoknya.

Saya sering heran dengan para perokok, mengapa ya mereka tetap merokok? Padahal semua orang mengetahui apa bahaya merokok. Ditambah lagi di setiap pembungkus rokok sudah tertulis bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin

Saya pribadi bukan perokok. Mungkin dapat dikategorikan sebagai perokok pasif. Banyak orang di sekeliling saya merokok. Apalagi kalo saya sedang di toko…Wah para pembeli dan pegawai kebanyakan perokok…

Ini yang paling bikin sebel, mengingat merokok bukan hanya mempengaruhi orang yang merokok, tapi juga mempengaruhi setiap orang yang ada di sekitarnya, termasuk janin yang sedang berkembang didalam rahim ibu yang berada didekat perokok.

Beberapa fakta mengenai rokok yang perlu diketahui baik oleh bumil yang merokok maupun tidak merokok (perokok pasif), sebab perokok pasif memiliki efek yang sama berbahayanya pada perkembangan bayi seperti perokok pasif :

1. Setiap kali bumil merokok, bayinya akan mendapat lebih sedikit oksigen.

2. Dalam kepulan asap rokok terkandung 4000 senyawa kimia berbahaya, antara lain tar, karbon monoksida, dan nikotin.

3. Nikotin dalam rokok akan menurunkan aliran darah ke plasenta.

4. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen yang bisa dibawa oleh darah. Denyut jantungnya menjadi cepat dan ia tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya karena tidak cukup oksigen  

Jadi apa resikonya bagi janin? Keguguran, lahir premature, bayi lahir dengan berat rendah, dan kematian…

Perlu diketahui bahwa rokok tidak hanya mengancam janin, tapi juga bayi. Bayi akan lebih sering sakit, lebih sering dirawat di rumah sakit, dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk meninggal akibat SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Asap tembakau membahayakan perkembangan otak bayi. Dan bayi akan mengalami masalah belajar dan perilaku dikemudian hari menjadi lebih tinggi…

So NO SMOKING..Please !!!

Bebas_rokok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s