Prego Edition : Bumil sering buang air kecil

Pada kehamilan pertama (Nicole) dapat dikatakan kalau saya ini ibarat jelmaan kebo…LOL…Pasalnya saya tidak pernah muntah, mual, pusing, dsb. Saya benar-benar FIT seperti wanita normal yang tidak mengandung.

Gejala yang saya alami saat itu hanyalah sering buang air kecil.

Apakah banyak diantara Anda, calon mama, yang penasaran mengapa ya ibu hamil sering buang air kecil?

Dari beberapa literatur yang saya baca, sering buang air kecil biasanya terjadi pada trimester pertama dan ketiga kehamilan. Pada trimester pertama hal ini dikarenakan pada awal kehamilan rahim membesar dan menekan kandung kemih. Itulah mengapa bumil selalu merasa ingin buang air kecil.

Pada  trimester kedua tekanan pada kandung kemih tidak sebesar itu karena rahim membesar ke atas (kearah perut), dimana terdapat ruang yang lebih lapang. Lalu sering buang air kecil ini akan kembali di saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Hal ini disebabkan bayi dan rahim sangat besar dan menekan kandung kemih.

Ada tips yang dapat dicoba yaitu kosongkan kandung kemih sepenuhnya dengan cara membungkuk ke depan saat buang air kecil. Hal ini dapat meminimalisir keinginan bolak balik ke toilet…

Memang sih bolak balik ke kamar mandi itu bikin tidak nyaman. Akan tetapi jangan sampai menahan keinginan untuk pipis ya, sebab hal ini dapat menyebabkan infeksi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s