1st Trimester : Morning sickness

Duh heran deh…Sepertinya mual dan muntah yang saya alami di awal-awal kehamilan ini mulai kurang ajar dan tidak beradab…LOL….Makin tersiksa dibuatnya…

Pengen rasanya kehamilan ini sama persis kayak kehamilan pertama dulu…Jauh dari mual dan muntah….

Anehnya, pada kehamilan ketiga ini saya malah mengalami mual dan muntah di malam hari. Justru di pagi hari saya merasa segar, bugar, ga mual ataupun muntah…Kok ya beda jauh dengan istilah ‘morning sickness’ itu sendiri ? Namanya aja morning, bukannya mestinya terjadinya hanya di pagi hari?

Ternyata bukan saya yang aneh…LOL…Menurut buku Ayahbunda, morning sickness dapat terjadi di malam hari…Biasanya ‘penyiksaaan’ ini akan berlangsung hingga bulan ke-4.

Seperti yang saya kutip dari buku ‘Tanya Jawab Seputar Kehamilan’, muntah pada ibu hamil merupakan tanda bahwa tubuh kita bereaksi terhadap hormon kehamilan. Sedangkan menurut buku Ayahbunda, diduga penyebab morning sickness adalah meningkatnya kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) dalam tubuh. Munculnya hormon ini merangsang dinding lambung sehingga menimbulkan perasaan mual.

Muntah yang sesekali dan terbatasnya asupan makanan tidak akan berakibat buruk pada bayi. Jangan khawatir jika berat bumil tidak naik. Konsumsilah makanan yang tidak akan dimuntahkan..

Cara mengatasi mual di pagi hari ala buku ‘Tanya Jawab Seputar Kehamilan’:

1.      Makan sedikit tapi sering

2.      Hindari makan dan minum dalam jumlah banyak sekaligus.

3.   Hindari makanan yang dapat memicu dan meningkatkan rasa mual à pada kasus saya, saya menghindari ikan

Mmm… Morning sickness ini memang menyebalkan ya….Please go away as soon as possible dear morning sickness….!!!!

Leave a Reply

