Prego Edition : Nutrisi untuk bumil…

Makan bergizi apa ya hari ini?

Saya sering menanyakan pertanyaan di atas kepada diri saya sendiri. Tentu saja saya ingin memberikan yang terbaik bagi anak saya. Tidak hanya kasih sayang atau materi, namun juga nutrisi yang baik.

Jangan sampai kesalahan (terutama dalam hal makanan) selama kehamilan berpengaruh kepada masa depan si janin. Jangan sampe gara-gara makanan yang salah si baby jadi cacat (ih amit-amit deh ya….)…Kesimpulannya? Lebih baik menahan diri selama 9 bulan daripada menderita selamanya….

Harapan saya melalui makanan bernutrisi adalah : selain anak yang cerdas dan sehat, saya juga pengen pertumbuhan dan perkembangan si baby optimal, sehingga nantinya si baby lahir dengan berat badan cukup.

Ada kalanya hal ini susah sekali dilakukan. Mengingat saat hamil keadaan itu tidak selalu indah dan sempurna. Misalnya ada bumil yang mual dan muntah. Ataupun ada bumil yang memiliki preferensi atas makanan tertentu… Saya salah satunya. Makanan yang saya sukai pada saat kehamilan ketiga ini justru bukanlah makanan yang bergizi. Melainkan bakso dan mie ayam. LOL…

Sebenarnya nutrisi yang baik tidak hanya penting bagi janin, namun juga sama pentingnya bagi si ibu. Adapun manfaat makanan bernutrisi bagi bumil antara lain (buku Seri Ayahbunda halaman 34) :

1.      Menjaga pasokan energi ibu agar tetap kuat dan bugar menjalani kehamilannya. Ibu jadi tidak lemas dan mudah lelah.

2.      Mencegah ibu terserang penyakit atau komplikasi kehamilan (kurang gizi, pre eclampsia, anemia)

3.      Mencegah komplikasi atau gangguan saat bersalin (misal ibu kurang tenaga untuk mengejan)

Jujur, saya sering bingung, makanan apa aja sih yang termasuk dalam kategori makanan bernutrisi baik?

Makin bingung dan pusing saat membaca buku kehamilan. Rata-rata buku kehamilan memberikan rincian makanan berdasarkan vitamin yang dikandung. Misal makanan apa saja yang mengandung vitamin C : bla bla bla bla…

Bikin makin ribet karena saya harus membacanya satu persatu (eyes rolling…)….

Menurut Dr.Didi, nutrisi untuk bumil itu sederhana banget, yaitu mencakup 4 sehat 5 sempurna. Usahakan saja bumil mengkonsumsi kelima jenis makanan tersebut setiap harinya. Mulai dari karbohidrat, sayur, lauk, buah, dan susu. Kelima jenis makanan ini mengandung vitamin, mineral, air, protein, dan zat-zat penting lainnya bagi tubuh.

Berbicara mengenai nutrisi tidak akan terlepas dari vitamin. Vitamin penting bagi pertumbuhan bayi dan penyerapan gizi. Vitamin membantu tubuh tetap bekerja dengan baik. Misalnya Vitamin C. Vitamin ini penting bagi pembentukan jaringan dan penyerapan zat besi.  Note : sebaiknya mengkonsumsi vitamin C dalam keadaan segar dan tidak dimasak karena pemanasan menghancurkan vitamin

Lalu mana yang lebih baik? Mengkonsumsi vitamin melalui suplemen atau makanan alami saja ? Jelas sekali bahwa mendapatkan vitamin melalui makanan lebih baik. Oleh karena itu, sebaiknya makan berbagai jenis buah dan sayuran setiap hari…Namun jika bumil sering muntah, maka suplemen dapat dijadikan sebagai alternatif penggantinya….

Saya ingin share beberapa hal mengenai nutrisi berdasarkan buku Seri Ayahbunda (halaman 36):

Nasi – pilih beras merah daripada beras putih sebab kandungan seratnya 3 kali lebih banyak, vitamin dan mineral 2-3 kali lebih banyak dan zat besinya lebih tinggi

Ikan – awas dengan bahaya merkuri. Jika tidak yakin dengan air laut yang tercemar, pilihlah ikan darat.

Telor – pilih yang difortifikasi dengan omega 3

Sayuran – pilih yang berwarna dan kalo bisa organic. Perlu diperhatilan pula cara pengolahan sayur. Ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimasak terlalu panas. Dikahawatirkan merusak zat gizinya.

Daging – pilih yang fresh dan bermutu baik. Hindari jerohan atau tetelan karena kandungan kolesterolnya tinggi.

Buah – pilih yang segar dan berwarna karena vitamin lebih banyak…Jangan lupa untuk mencuci buah dengan bersih, apalagi saat ini banyak buah yang dilapisi dengan lilin supaya awet dan terkesan segar.

Minyak goreng – pilih minyak zaitun untuk menggoreng dan jika menggunakan minyak goreng biasa pastikan Anda menggunakan minyak baru. Minyak bekas dapat mencetuskan kanker.

———————————————————————————————-

Yang terpenting adalah selalu memilih makanan yang fresh daripada yang olahan. Selain itu batasi juga penggunaan garam, sebab memicu tekanan darah tinggi dan membuat kaki bengkak akibat tertahannya cairan tubuh.

Oya, di tengah-tengah kegalauan mau makan apa, saya pun bertanya kepada rekan sesama grup BBM, yaitu Asi For Baby (AFB). Makanan apa sih yang harus dimakan selama kehamilan? Salah satu anggota AFB bernama Feria memberikan daftar Super Food yang dapat dikonsumsi oleh bumil.  

Super food to eat :

1.      Avocado – folic acid

2.      Mango – vit c

3.      Edamame – protein, folic acid

4.      Lentils – folic acid

5.      Brocoli – vit A, calcium

6.      Spinach – iron, folic acid

7.      Carots – vit A

8.      Yoghurt – vit B, protein, folic acid

9.      DHA Eggs – DHA

10.  Red pepper – vit A, B6

11.  Oatmel – calcium, low fat, fiber

12.  Nuts – almond, walnut – calcium for bones

13.  Salmon – omega 3

Sayangnya ada beberapa sayuran dan buah yang tidak dapat ditemukan di Labuan Bajo, misalnya brokoli dan advokat. Jika keduanya mudah ditemui di kota besar, tidak halnya dengan di Labuan Bajo. Mencari keduanya sama halnya seperti mencari emas di sini…Berbahagialah Anda yang tinggal di kota dengan supermarket atau pasar yang lengkap…LOL…Sepertinya harus pinter-pinter mencari pengganti brokoli dan advokat deh…

Oh well….

Intinya saya harus mulai memaksa diri saya untuk menjauhi bakso dan mie ayam. Memaksa dan mem- brainwash diri sendiri untuk mulai makan sayur dan buah (tentu saja yang gampang ditemui di Labuan Bajo :D)…

Dan yang terpenting adalah wajib makan rutin 3 kali sehari. Melaparkan diri sendiri sama artinya dengan melaparkan baby…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s