8 Oct 12 : Kok aku jelek ya?

Seiring dengan perut yang makin membuncit, saya jadi merasa makin jelek, kumal, dan gendut !!! Rasa-rasanya saat hamil Nicole dulu saya tidak sejelek sekarang deh…LOL…Perasaan ini membuat saya jadi amat sangat tidak percaya diri sekali…

Dasarnya body saya emang bukan kategori super skinny…Sebaliknya anugerah tulang besar membuat saya selalu kelihatan ‘besar dan berisi’….Namun jika membandingkan antara kehamilan I dengan ke II, jelas saat ini saya lebih gendut…

Saya berteori, ini terjadi karena saya memulai kehamilan ketiga ini dengan berat badan yang emang sudah over, yaitu 65 kg. Berbeda dengan saat hamil Nicole dulu. Saya memulai kehamilan pertama dengan berat 55 kg. Biasalah namanya masi perawan, jadi body masi singset saat itu…LOL…

225549_7389718923_2837_n225885_7081843923_652_n(foto saat saya hamil Nicole 6 bulan)

Saran saya bagi Anda mommy to be, pastikan berat badan awal (sebelum hamil) Anda ideal, jangan sampai terlalu gendut seperti saya :D…Selain untuk alasan kecantikan, kegendutan yang berlebih di awal kehamilan juga berpengaruh buruk bagi kesehatan bumil…Plus menyusahkan saat Anda USG si janin, janin tidak tampak dengan jelas karena tertutup lemak yang tebal😀

Sebelum saya hamil, bisa disebut saya ini Miss Sosialita. Bukan karena saya seperti ibu-ibu sosialita yang hidup glamor loh ya…Tapi ibu-ibu yang suka bersosialisasi…LOL….Saya seneng dengan yang namanya kongkow, chit chat dengan sahabat, ngobrol ngalur ngidul, dsb….

Nah, sekarang keadaan saya bertolak 180 derajat. Saya malas banget keluar rumah. Bener-bener ga PD. Gelagat saya persis seperti buronan teroris yang sedang bersembunyi di tempat persembunyiannya…LOL…

Suatu hari Agustina mengajak saya kongkow. Saking mindernya, saya pun menolak ajakannya. Dia pun menjawab, “Wajarlah kalo jelek dan gendut…Kan hamil…”

Nah saudara saudari….Jawaban dia bikin saya ga terima !!! LOL… 

Saya tahu bahwa sebenarnya kenaikan berat badan saat hamil itu lazim terjadi. Kenaikan terjadi akibat perubahan dalam tubuh, system yang mendukung baby, dan berat badan baby. Tubuh juga perlu menyimpan sebagian lemak untuk memastikan bumil mempunyai cukup energi untuk memenuhi kebutuhan bayi…

Namun, saya ga mau juga kalo terlalu gendut saat hamil…Selain itu banyak tuh teman saya yang hamil but still pretty, sexy, and gorgeous…Mau bukti?

Yuk mari kita lihat teman saya para ibu hamil yang super cantik and gorgeous…

Yang pertama adalah Sagita….Saya baru tahu kalo dia hamil pas usia kandungannya 7 bulan…Saat melihat fotonya reaksi saya adalah : “What???? Ini Tata beneran hamil ya? Lah kok hamil masih sexy gini…Kok ga naek banyak beratnya??” (baca dengan nada ga terima and jealous tingkat tinggi…LOL)..

Beneran bikin iri secara bumil yang satu ini masih saja terlihat langsing dan cakep bahkan di akhir kehamilannya…Mengingatkan saya akan Vic Beckham😀

599977_10151277344023482_906512617_n530706_10151233404263482_726505500_n
Yang kedua adalah Tessa, salah seorang sahabat yang menikah dengan pria berkebangsaan Amerika….Sama halnya dengan Sagita, Tessa cantik banget, banget, BANGET !!! Tetep sexy, glowy, and adorable…Yang bikin iri, Tessa hanya gendut di perut, sedangkan bagian tubuh lainnya tetap kecil…Huftttt…..

Fyi, Tessa juga tetap kelihatan menarik dalam balutan bikini…Coba saya yang mengenakan bikini, ga bisa dibayangin model saya kayak bagaimana…LOL..

253119_10152208142525398_1968839569_n550174_10152208143980398_1499634239_n

Tuh kan…Tidak semua ibu hamil itu jelek. Ada juga yang makin cakep…Fakta ini bikin saya makin BT….It’s unfair !!

Kenapa saya makin kumal tiap hari? Kenapa hidung saya makin bengkak ya? Dan kenapa saya makin menggendut tiap hari? Iri dengan ke dua teman saya diatas.

Sebagai penutup saya akan share patokan kenaikan berat badan versi buku Seri Ayahbunda…

Bila BB sebelum hamil normal : pertambahan BB yang dianjurkan saat hamil 9-12 kg

Bila BB sebelum hamil berlebih : pertambahan BB yang dianjurkan saat hamil 6-9 kg

Bila BB sebelum hamil kurang : pertambahan BB yang dianjurkan saat hamil 12-15 kg

Bila mengandung janin kembar : pertambahan BB selama hamil biasanya lebih banyak, tergantung jumlah janin yang dikandung

Lalu,kemana ya larinya berat itu (Seri Ayahbunda halaman 78) ???

Berat janin : 2.5-3.5 kg

Plasenta : 0.5 kg

Air ketuban : 0.5-1 kg

Darah : 2 kg

Cairan tubuh : 1.5 kg

Rahim 0.5-1 kg

Payudara : 0.5 kg

Cadangan lemak 3.5 kg

——————————————————————————————————————————————

Oh boy…Oh boy…Kalo lihat patokan di atas sih kayaknya saya over…LOL…Memasuki minggu ke 17 ini berat saya sudah naik 6 kg….

Uggghhhh……Mungkin saya harus mulai mengubah konsep makan saya, yaitu bukan makan dua porsi, melainkan makan untuk berdua…Dan akan memaksa diri untuk berolahraga….Bisa ga ya? Hihihi…

One thought on “8 Oct 12 : Kok aku jelek ya?

  1. Pingback: 30 Oct 12 : Teracuni Cloth Diaper (Clodi) :D | juicymomdiary

Leave a Reply

