16 Oct 12: Tired to the Max !!!

I feeelll tireeeddd…Tired to the max…!!

Jika dianalogikan seperti sebuah mobil, maka kondisi saya saat ini seperti mobil yang habis turun mesin. Badan tidak se-fit seperti kehamilan pertama dulu…

Apalagi di awal-awal kehamilan hingga memasuki trimester kedua awal, rasanya badan ini gampang capek…Gampang ngantuk…Parahnya napas sering ngos-ngosan begitu jalan beberapa meter ataupun abis ngomong beberapa kata…Belum lagi sakit pada bagian punggung…Bikin acara tidur malam jadi ga nyenyak…

Persis kayak body nenek tua….Kayaknya kalo dicompare dengan nenek-nenek, tubuh nenek-nenek jauh lebih fit dan bertenaga daripada saya.

Supir saya paling tahu hobby saya yang terutama, yaitu shopping. Biasanya, mall adalah rumah kedua saya😀. Dia jadi terheran-heran dengan perubahan semenjak hamil, kok sejak hamil ini saya jadi diem aja di rumah? Lalu saya jawab, “Pak, saat hamil Nicole saya emang kuat banget. Keliling mall dari buka sampai tutup lagi saya jabanin. Tapi sekarang…Angkat tangan deh, pak…”

Keletihan pada ibu hamil terjadi karena tubuh bumil sedang memproduksi system pendukung bayi,yaitu plasenta. Selain itu, tubuh sedang menyesuaikan diri dengan banyak tuntutan fisik dan emosional dari kehamilan. Begitu tubuh sudah menyesuaikan diri dan plasenta telah selesai (sekitar bulan keempat), bumil akan memiliki banyak tenaga (What To Expect).

Keletihan memang sesuatu hal yang tidak perlu dilawan dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengurangi keletihan saya:

1.  Memanjakan diri – banyak cara yang saya lakukan untuk memanjakan diri. Yang terutama adalah PIJIT !!! Selain mengurangi sakit pada badan, pijit juga sangat membantu merilekskan pikiran. Namun pastikan Anda pijit kepada orang yang bener-bener menguasai pijit untuk ibu hamil.

Selain pijit, saya juga memanjakan diri melalui drama Korea…LOL…Seperti yang kita ketahui, K-drama paling pinter bikin hati penontonnya seneng…Jadi bawaannya seneng mulu setelah liat K-Drama. Selain itu semoga anak saya juga ganteng/cantik kayak artis Korea…LOL

2.Istirahat lebih banyak – biasanya saya tidak pernah tidur siang. Namun sejak kehamilan ini saya terkadang menyempatkan diri untuk istirahat siang. Selain itu juga mengurangi begadang di malam hari…

Sebelum hamil, saya cenderung tidur pukul 12 setiap malamnya..Nah saking capek and gampang ngantuknya, pada kehamilan ini saya jadi suka tidur…Persis kayak kebo…LOL…Saya bisa tidur darijam 8malam hingga jam 8 keesokan harinya….LOL…

3.Memiliki supportive hubby – suami yang helpful dan pengertian merupakan anugerah tersendiri disaat hamil. Apalagi jika anak pertama jadi makin cranky and manja seperti Nicole. Beruntung suami sangat pengertian dan mau membantu untuk menghandle Nicole…

4.Mendelegasikan tugas kepada para staff/pembantu – Bagi Anda working mommies, inilah saatnya untuk mendelgasikan beberapa tugas kepada bawahan…Berkurangnya beban kerja berpengaruh dalam hal mengurangi keletihan.

Itulah hal-hal yang saya lakukan untuk mengurangi keletihan…Ingat, bumil harus berhenti saat merasa letih, tetapi jika mungkin, anda harus berhenti sebelum menjadi letih…

Leave a Reply

