18 Oct 12 : Babyku kok ga bergerak ???? *_*

Ada yang aneh hari ini….Biasanya si baby sangat aktif bergerak… Namun tidak demikian halnya dengan siang ini. Saya merasa tidak ada gerakan dari bayi saya. Keadaan ini bikin saya parno buangettt….Takut ada sesuatu dengan bayi saya…

Saya pun segera menghubungi Dr. Didi melalui BBM. Beliau menyarankan saya untuk cek denyut jantung baby ke rumah sakit atau dokter kandungan terdekat…Duh boro-boro dokter kandungan, rumah sakit aja ga ada di Labuan Bajo. Di sini pilihannya hanya 2, bidan atau puskesmas…

Tanpa ba bi bu lagi…Saya langsung meluncur ke Puskesmas. Well, ini adalah kali kedua saya datang ke Puskesmas ini setelah keguguran 2 tahun yang lalu…

Lucu sekaligus ironis….Puskesmas ini tidak mengalami perubahan sejak 2 tahun lalu…Tetap kotor, kacau,dan tidak berfasilitas…

Bayangin aja…Mau ke bidan kudu muterin satu puskesmas…Awalnya saya pergi ke counter pendaftaran, lalu oleh counter pendaftaran saya disuruh ke ruang bidan. Eh sampe ruang bidan disuruh ke ICU…Lalu dari ICU disuruh ke bidan lagi…Sigh….

Begitu sampai di ruang bidan, perawat di sana melakukan cek tekanan darah, lingkar lengan, dan mengukur berat badan…Fyi, ini pertama kalinya saya dicheck lingkar lengan. Saya sampe bertanya kepada Dr. Didi, “Doc, kok lucu disuruh cek lingkar lengan?”

Saya ga tau apa tujuan cek lingkar lengan ini. Namun, ternyata menurut buku seri Ayahbunda, ukuran lingkar lengan ibu ada korelasinya dengan gizi janin (halaman 25).

Setelah sederetan pemeriksaan dilakukan oleh perawat, bidan menyuruh saya untuk berbaring dan kemudian beliau memeriksa denyut jantung si baby…Bagaimana caranya? Menggunakan alat bernama Doppler…Xixixiixx…Ini pertama kalinya juga saya melakukan pengecekan dengan Doppler. Padahal, di kota besar sudah menggunakan USG…

Bt_200_hi_bebe_hand_held_fetal_doppler

Saat si bu bidan meletakkan doppler di perut, saya langsung dapat mendengar detak jantung si baby…Wah senengnya…Puji Tuhan ketakutan saya ga terjadi…Thanks God…

Melihat ekspresi saya, si bu bidan bilang…Makanya bu, lain kali jangan terlalu panik…Saya langsung membalas, “Ibu, saya punya pengalaman keguguran sebelumnya, makanya kehamilan kali ini saya jaga betul…”

Oh well…Silahkan sebut saya mudah panik atau lebay….Bagi saya kehamilan ini benar-benar berarti…Selain itu, saya juga masih trauma dengan keguguran yang lalu. Keguguran jauh lebih sakit dibandingkan dengan melahirkan….Si ibu bidan melanjutkan, bahwa jika tidak ada pergerakan dari baby, ibu bisa mencoba untuk berbaring ke sebelah kiri. Biasanya baby akan mulai bergerak jika ibu berbaring dalam posisi itu.

Menurut buku What to Expect, meskipun janin terus bergerak, tetapi hanya gerakan yang cukup kuatlah yang dapat dirasakan oleh ibu. Gerakan lain bisa tidak dirasakan karena posisi janin (misalnya menghadap dan menendang ke arah dalam, bukan ke arah luar). Atau bisa jadi karena kegiatan si ibu sendiri. Saat ibu berjalan atau banyak bergerak, janin mungkin merasa diayun-ayunkan hingga tertidur. Mungkin juga ibu tertidur atau tidak menyadari saat si baby bergerak aktif…

Mmm…Bisa jadi ini yang saya alami…Seminggu ini super hectic..Mungkin di tengah ke-hectic-an ini si baby merasa diayun-ayun, atau saya ga menyadari si baby bergerak saking saya aktifnya…LOL…

Yang penting hati tenang deh setelah mendengar detak jantung si baby….Terus pantau gerakan si baby ya moms…

Leave a Reply

