1 Nov 12 : Menyesal…oh menyesal…:D

Saat saya sedang memperdengarkan music klasik untuk si baby, Nicole melompat-lompat di sekitar saya. Nicole emang suka bertingkah aneh jika saya mulai memperhatikan si baby. Sepertinya aksi-aksi badung yang dia lancarkan bertujuan untuk mengalihkan perhatian saya dari baby.

Awalnya saya berakting cool alias ga nganggep kelakuan dia…Mungkin karena merasa aksinya gagal, Nicole meluncurkan jurus berikutnya…Dia lompat dari meja ke arah kasur saya…Dan akhirnya dia mendarat diatas perut saya dengan sukses…

Emosi saya ga terbendung lagi…Saking emosinya, saya langsung memukul dia…Pllakkkk….

Suasana pun jadi dingin…Baik saya maupun Nicole sama-sama terdiam…Beberapa saat kemudian, tangisannya pun pecah…

Melihat mimic mukanya plus jiplakan tangan saya di lengan dia, saya mulai bersalah….

15 menit kemudian..Saya meminta maaf kepada Nicole. Well… Bagi saya, meminta maaf ke anak bukanlah hal yang tabu. Banyak orang tua yang mengharuskan anaknya meminta maaf, tapi si ortu sendiri tidak pernah meminta maaf jika mereka bersalah. Kalo saya pribadi memang bertekad akan minta maaf kepada anak jika saya memang bersalah. Sebagai orang tua, saya harus menunjukkan contoh kepada dia…

Saya pun mulai berbicara dari hati ke hati dengan Nicole…Saya bertanya kepada dia nakal…Kemudian dia berkata, “Kenapa mama hanya memperhatikan adek saja?”

Saya pun menjelaskan panjang lebar kenapa saya memperhatikan adeknya…Saya juga menegaskan bahwa saya mencintai Nicole sama seperti saya mencintai adeknya…Rupa-rupanya curhat antara saya dan Nicole berjalan dengan baik…Dia juga mulai mengerti bahwa adeknya juga memerlukan perhatian seperti dia…

Sepertinya banyak kakak mengalami sindrom takut terintimidasi dengan adeknya…😀 Dan memang susah ya menempatkan si kakak dlm posisi nyaman dan tidak terancam oleh keberadaan si adek…

Bagi para mommies yang juga mengalami masalah serupa, saya memberi saran bahwa sebaiknya Anda memberi pengertian kepada si kakak tentang keberadaan adeknya sedini mungkin. Dan juga perlu diperhatikan bagaimana cara penyampaiannya…Jangan sampe kita salah kata dan malah si kakak jadi iri dengan adeknya…

Dari kultwit yang saya baca, mommies juga perlu menghindari penggunaan ‘adik’ sebagai alasan. Misal di saat si kakak meminta gendong, mommies beralasan ga bisa gendong karena ada adek…Intinya adalah tetap posisikan si kakak sebagai anak yang diperhatikan, bukan lantas dilupakan karena ada adeknya…

Satu hal yang saya pelajari hari ini, kadang2 emosi berlebihan itu menyesatkan…Saya menyesal telah memukul anak saya….Lain kali ga diulangi ya Nic…Sorry darling..:D

Leave a Reply

