30 Oct 12 : Teracuni Cloth Diaper (Clodi) :D

Selama ini Cloth Diaper tidak ada dalam kamus saya. Istilah yang satu ini tidak pernah menarik perhatian saya, hingga suatu hari teman saya bernama Tessa menyinggung Cloth Diaper (clodi) dalam pembicaraan kami via FB.

Tessa sang ibu hamil yang cantik jelita (saya pernah bercerita tentang dia di sini) sangat menjunjung tinggi yang namanya clodi. Baginya, clodi merupakan penemuan terhebat dalam dunia ibu dan anak. Ramah lingkungan sekaligus bersahabat dengan kantong.

Gara-gara cerita dia yang gilang gemilang tentang clodi, saya jadi tertarik dengan cloth diaper..Saya pun mulai googling sana sini, menghimpun berbagai macam informasi tentang cloth diaper…Maklum jaman Nicole dulu, belum ada yang namanya Cloth Diaper. Makanya dulu saya memakai pospak (popok sekali pakai) untuk Nicole…The-best-cloth-diapersLalu apa hasil dari googling?

Hasilnya malah bikin saya bingung…:D…Saya mulai kebingungan dengan tipe cloth diaper yang beraneka ragam. Lalu berikutnya bingung memilih cloth diaper mana yang terbaik dari sekian banyak merk baik lokal maupun import dari beberapa negara USA…China…Singapore….Fiuh..

Dan yang bikin shock…Ternyata harga clodi ga murah…Bisa mencapai Rp.250.000 per pcs-nya…Alamat puasa belanja kosmetik deh😀

Namun setelah membaca lebih jauh…Ternyata banyak juga keunggulan dari clodi ini…

Singkatnya, clodi ini ibarat pospak (popok sekali pakai) seperti pampers tapi bisa dicuci ulang dan bisa dipakai lagi bahkan hingga ke anak berikutnya. Jadi clodi sangat bersahabat dengan kantong…

Selain itu clodi ini juga mempunyai keunggulan lainnya yaitu :

1.    Ramah lingkungan dibandingkan pospak. Pospak memerlukan waktu 200-500 tahun untuk terurai. Sepertinya memakai clodi merupakan langkah awal yang tepat untuk menyelamatkan bumi dari bahaya Global Warming.

2.      Clodi lebih menyehatkan bayi….

Hal ini disebabkan karena clodi itu bebas bahan kimia. Sedangkan pospak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan ruam jika tercampur dengan urine bayi.

Selain itu ada penemuan terbaru yang menyebutkan bahwa sebaiknya bayi laki-laki menghindari pospak. Berikut informasi yang saya kutip dari mommiesdaily.com…Read the article here..

Pada tahun 2000, beberapa peneliti dari Universitas Kiel, Jerman melakukan sebuah riset mengenai Archives of Desease in Childhood yang dimuat dalam British Medical Journal. Penelitian itu menyebutkan bahwa temperatur skrotum bayi laki-laki yang memakai pospak mengalami kenaikan beberapa derajat dibanding bayi laki-laki yang tidak memakai pospak. Faktanya, pada laki-laki, suhu skrotum harus lebih rendah dari suhu badan untuk menjaga kualitas dan jumlah sperma. Inilah yang menyebabkan fertilitas cenderung menurun.

Hasil penelitian diatas jelas bikin saya noid apalagi jika bayi yang saya kandung berjenis kelamin laki-laki.

3. Lebih hemat

Misalnya seorang bayi menggunakan minimal 5 buah pospak setiap hari, itu berarti dalam sebulan kita menghabiskan 150 buah pospak. Anggap saja harga pospak Rp. 3000/buah, maka jika dirupiahkan pengeluaran per bulan untuk pospak adalah Rp. 450.000.

Dari pengalaman Nicole, dia memakai pospak hingga 2 tahun, itu berarti 24 bulan. Jadi total pengeluaran untuk pospak dari bayi New Born hingga 2 tahun adalah Rp. 10.800.000.

Wow….Gila ya…Ternyata banyak uang yang kita habsikan untuk membeli pospak dan akhirnya berakhir di tempat sampah…Sayang banget kan?

Sedangkan jika memakai clodi, investasinya hanya besar di awal. Palingan biaya setiap bulan yang harus kita keluarkan adalah biaya detergent dan air  untuk mencucinya. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan memakai 100% pospak.

———————————————–

Oh well…Ternyata dibalik setiap keribetan dan mahalnya harga clodi, ada banyak hal positif lainnya yang ditawarkan oleh Cloth Diaper…Mmmm….Alamat pindah ke clodi deh😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s