6 Nov 12 : Wasir aka ambeien….Argghhh @#$% !!!

Hari ini adalah hari sengsara sedunia…Tiba-tiba saya merasakan perih dan sakit yang amat sangat di bagian anus. Yeap, hari ini saya resmi menderita wasir aka ambien.

Rasa sakitnya bener-bener menyiksa. Bahasa lebay nya nih, seakan-akan saya sudah mencapai neraka ke tujuh😀. Serba salah dibuatnya… Segala posisi  mulai dari berdiri, duduk, hingga tiduran tidak berhasil mengurangi rasa sakitnya. Parahnya, menjelang siang, wasir ini menyebabkan gatal dan pendarahan di area anus…Arrgghhh !!!

Jika memflashback lagi…Wasir ini terjadi karena saya mengalami sembelit parah di awal-awal kehamilan.  Itulah mengapa saya sangat menyarankan kepada Anda, sesama bumil, hindari sembelit sebisa mungkin sebelum  makin parah dan menyebabkan wasir.

Percaya deh wasir itu menyiksa..Banget…

Saya pun segera menghubungi Dr. Didi via BBM. Beliau menyarankan saya untuk membeli dua obat sekaligus, yaitu Ardium dan Faktu Supp…

Nah masalah kembali muncul di saat saya harus mencari kedua obat ini. Fyi, obat-obatan yang dijual di apotik di Labuan Bajo tidak lengkap. Seringkali obat-obatan yang ‘aneh’ dan rada mahal tidak dijual di sini. Di Labuan Bajo hanya dijual obat-obat standart dengan harga terjangkau…

Saking ga kuatnya menahan sakit, akhirnya saya menyuruh salah seorang pegawai untuk hunting kedua obat ini di apotek Labuan Bajo. Namun sesuai dengan prediksi saya sebelumnya, 5 apotek di Labuan Bajo yang dikunjungi oleh pegawai saya tidak menjual kedua obat ini. Parah kan?

Lalu, saya kembali menghubungi Dr. Didi. Beliau pun berkata, “Ya sudah pokoknya cari aja obat untuk ambeien yang dimasukkin ke dubur…Mereknya terserah, asal aman untuk bumil”

Saya kembali mengutus pegawai untuk hunting obat…Dan ternyata pegawai saya membawa pulang obat yang salah….Kali ini gara-gara human error…Alih-alih membawa obat ambeien, pegawai saya malah membawa obat pencahar (yang kebetulan juga dimasukin ke dubur)…Ow may gowdddd….Biasa deh, SDM di Labuan Bajo memang kurang bagus, sampe-sampe pelayan di apotek juga salah kasi obat (tepok jidat)…

Img_2943_copy

Karena sudah gagal dua kali, saya pun terpaksa hunting obat sendiri. Di tengah-tengah penderitaan menahan sakit (baca : jalan sambil rada ngangkang…LOL), saya melanjutkan pencarian obat ambeien di dua apotek. Dan finally saya menemukan obat Ambeien…Lalu saya meng-cross-check dengan Dr. Didi, apakah obat ini aman untuk bumil atau ga…Puji Tuhan obat ini dinyatakan amannnn !!!!

Untitled-1_copy

Sesampainya di rumah, saya langsung memasukkan obat ini ke dubur…Lalu saya mulai berbaring dan mencoba untuk tidur… Keesokan harinya, rasa sakit masih saya rasakan…Namun jika dibandingkan dengan sebelumnya, rasa sakit kali ini jauh lebih berkurang.

Untuk mempercepat hilangnya rasa sakit sekaligus menghilangkan rasa penasaran akan wasir, saya pun mulai berkonsultasi dengan beberapa saudara dan teman yang pernah mengalami ambeien.

Orang pertama yang saya hubungi adalah salah seorang tante yang sudah berkutat dengan penyakit ambeien hampir selama 10 tahun (gila saya tidak bisa membayangkan penderitaan beliau)…Beliau menyarankan agar saya banyak mengkonsumsi sayur, buah, serta air rebusan kacang ijo plus menghindari makanan pedas. Otomatis menu saya seminggu ini adalah makanan yang bener-bener sehat dan berserat…

Lebih lanjut tante melarang saya untuk melakukan operasi untuk ambeien…Karena percuma dan konon (ga tau bener atau ga) malah tidak bisa mengendalikan keinginan untuk BAB…Tante berkata yang paling ideal adalah mengatur pola makan dan mengubah gaya hidup…

Bagian mengatur pola makan lumayan menyiksa, terutama bagian tidak boleh makan makanan pedas…Tersiksa banget saat melihat suami makan ikan goreng dengan sambal balado…Huffffttt…kami memang keluarga pecinta pedas..Itulah mengapa sambal selalu ada dalam menu sehari-hari kami.

Kemudian saya juga berkonsultasi dengan salah seorang teman. Teman saya pun memberikan saya sebuah salep untuk meredakan nyeri…Dan it works…Salep ini mengurangi rasa sakit dan perih..

Img_2941_copy

Dan tidak lupa saya juga mulai membaca buku dan googling di internet mengenai penyakit yang satu ini…

Sebenarnya, apa sih wasir atau ambeien itu ?

Menurut buju Tanya Jawab Seputar Kehamilan (halaman 70), wasir merupakan varises pada vena di anus. Wasir dapat menimbulkan keluhan seperti gatal, nyeri dan pendarahan sehingga buang air besar jadi tidak nyaman.

Sembelit juga meningkatkan kemungkinan timbulnya wasir dan bisa membuat wasir yang sudah ada menjadi lebih berat.

Penyebab wasir antara lain (seri Ayah Bunda) :

–    Naiknya kadar hormone kehamilan yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada anus.

–    Desakan tubuh janin ke pembuluh darah di perut dan panggul.

–    Sering mengejan saat buang air besar

Lalu bagaimana cara untuk mencegah wasir ?

1.   Hindari sembelit : banyak makan makanan yang berserat dan banyak minum air putih

2.   Hindari tekanan pada anus, dengan cara :

a.  Tidur dengan posisi miring

b.  Hindari mengejan untuk waktu yang lama saat BAB

c.   Hindari berlama-lama duduk di toilet..Biasanya, kita suka membaca buku sambil BAB..Nah hal-hal semacam ini yang makin membuat kita berlama-lama duduk di toilet…

d.   Berbaringlah beberapa kali sehari (jika memungkinkan pada sisi kiri) untuk menghilangkan tekanan pada vena anus untuk sementara waktu.

3.  Senam kegel 2-3 kali sehari untuk melatih kotraksi otot anus dan memperbaiki peredaran daerah ke area anus.

4.   Mengoles krim khusus ambeien dengan cara dimasukkan ke anus.

5.   Mengkompres anus dengan kompres dingin untuk mengurangi gatak dan nyeri

6.   Minum yoghurt atau susu fermentasi yang merangsang kerja usus agar lebih aktif

7.   Menjaga kebersihan yaitu dengan cara mencuci area perineum (dari vagina ke arah anus) dan selalu mengelap dari depan ke belakang.

Puji Tuhan wasir saya berangsur-angsur pulih. Saya mulai rajin mengkonsumsi buah dan sayuran. Air rebusan kacang hijau juga merupakan minuman saya setiap hari. Saya juga mulai rajin bergerak aktif…Mulai menyeret badan pemalas ini agar mau sedikit bergerak..LOL…Juga tidak lupa saya mulai berbaring ke arah sisi kiri….

Btw, di tengah-tengah penderitaan menghadapi wasir ini tiba-tiba terlintas pikiran parno di otak saya. Bagaimana saya bisa melahirkan secara normal jika saya menderita ambeien?

Sejak awal saya memang sudah bertekad melahirkan secara normal…Dan saya takut wasir akan makin parah saat saya mengejan saat persalinan normal..Oh NO !!! Amit-amit jangan sampe makin parah…

3 thoughts on “6 Nov 12 : Wasir aka ambeien….Argghhh @#$% !!!

  1. Halo,
    Infonya berguna sekali.
    Saya mau tanya dong, berapa lama sakit bengkak wasirnya bisa hilang?
    Saya sedang kena ambeien, hamil 7.5bl, dan kondisi sakit untuk duduk-jalan-tidur ini sangat menyiksa tak tertahankan.
    Saya sudah pakai obat faktu yg dinasukkan ke dubur, dan ini hari kedua, rasanya sakitnya belum huga berkurang.

    Please help me.. Karena saya takut sekali rasa sakit ini dapat memancing kontraksi.😦

    Makasih sebelumnya.🙂

    • Hai ema,
      Kalo liat dari penjelasanmu sepertinya wasir yang kamu alami lebih parah dari yang saya alami.
      Kalo menurut saya, mending cek ke dokter.
      Saya tidak dapat memberi saran, karena tidak mengalami seperti kamu.

      Sorry ga bisa membantu ya. Get well soon.

Leave a Reply

