14 Nov 12 : Hidung tersumbat pada ibu hamil…

Semalam tidur sama sekali ga nyenyak gara-gara hidung tersumbat…Widihhh…Mata saya bener-bener dah kayak Panda, belum lagi badan ini semacam abis dipukul orang dari 5 RT dan 5 RW….Huhuuuu…

Ternyata ada juga kesamaan antara kehamilan pertama dengan ketiga ini, yaitu hidung saya seringkali tersumbat jika berada di sebuah ruangan ber AC atau di sebuah tempat berudara dingin…

Saat kehamilan pertama dulu saya  tinggal di Ruteng, sebuah daerah bercuaca dingin (banget). Saat itu saya berpikir bahwa hal ini wajar, bisa jadi hidung tersumbat disebabkan karena dinginnya udara Ruteng yang ga tau diri…LOL…Fyi, kalo lagi dingin-dinginnya, hawa dingin Ruteng bisa melebihi udara dinginnya Puncak…

Ternyata, hidung tersumbat ini juga saya alami pada kehamilan ketiga saat tinggal di Labuan Bajo. Fyi, cuaca di Ruteng dan Labuan Bajo berbalik 180 derajat. Jika Ruteng super dingin, maka Labuan Bajo super panas. Hal yang wajar mengingat Labuan Bajo merupakan daerah pantai. Memang sih hidung saya baru tersumbat saat saya berada di ruangan ber AC…Bukan di suhu normal Labuan Bajo…


Nah….Disinilah penyiksaan dimulai…LOL…


Seiring dengan membesarnya perut, saya jadi suka gerah dan kepanasan. Oleh karena itu saya suka mendekam di ruangan ber AC. Sesampainya di ruangan ber AC, hidung saya langsung buntu…Begitu keluar dari ruangan ber AC, hidung saya back to normal (baca : plong alias ga buntu lagi)…


Tuh kan penyiksaan….Serba salah !!! Bingung antara ga bisa tidur karena kepanasan atau ga bisa tidur karena hidung tersumbat..Bingung dibuatnya…LOL..


Saya pun bertanya-tanya..Ini wajar ga sih terjadi pada bumil? Atau jangan-jangan mengindikasikan penyakit aneh pada tubuh saya? (maafkan saya dengan pikiran paranoid saya…)


Pertanyaan ini terjawab saat saya membaca Buku Tanya Jawab Kehamilan (halaman 61). Di buku ini dijelaskan bahwa kehamilan menyebabkan kenaikan suplai darah. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan system peredaran darah Anda bisa memenuhi kebutuhan Anda dan bayi yang sedang tumbuh. Sayangnya hal ini juga menyebabkan pembengkakan membrane mukosa dalam hidung Anda.


Ternyata oh ternyata…Hidung tersumbat wajar dialami oleh bumil…Leganyaaaa….

Leave a Reply

