Prego Edition : Varises

Selain stretchmark, ada hal lainnya yang saya takutkan terjadi kepada diri saya, yaitu varises. Sepertinya varises merupakan sesuatu yang diturunkan dalam keluarga saya. Mama and kakak varises.
Biasanya sih varises bisa muncul saat hamil. Varises paling awal dapat timbul pada akhir trimester kedua. Keadaan ini disebabkan oleh perubahan pada kehamilan, termasuk meningkatnya suplai darah, relaksasi pembuluh darah, dan rahim yang membesar. 
Karena semakin sulit untuk kembali ke jantung, darah yang mengalir berkumpul dalam vena tungkai sehingga pembuluh ini membesar. Pembesaran ini menyebabkan varises. Kalo lihat dari penjelasan di atas, kayaknya bisa jadi ibu hamil terkena varises. Dan kalo ini beneran terjadi, namanya MIMPI BURUK… Ga mau donk kalo kaki yang semula mulus jadi bergaris biru-biru. BIG NO !!!

Setelah search kanan kiri, akhirnya saya menemukan bagaimana cara mencegah timbulnya varises. Inilah beberapa cara untuk menghindari varises :

1. Hindari berlama-lama berdiri di suatu tempat. Jika anda harus berdiri, berjalanlah sebanyak mungkin. Berjalan membantu mengembalikan darah ke jantung.
2.    Lakukan olah raga tungkai dan kaki utk memperbaiki sirkulasi. Misal : memutar oergelangan kaki
3.    Lakukan olahraga jalankaki atau berenang
4.    Letakkan kaki ke atas sesering mungkin
5.    Hindari menyilangkan tungkai atau mengenakan celana selutut yang bisa menekan pembuluh darah
6.    Pertimbangkan memakai stocking khusus untuk ibu hamil yang bisa menjadi penyanggaMmmmm…Mau deh praktekin tips-tips di atas. Semoga kaki bebas varises. AMIN !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s