29 Jan 13 : Ketika janin melebihi due date…

Iseng-iseng saya membuka salah satu thread di forum Mommy Daily (masih saudara ama Female Daily)…. Di salah satu thread nya lagi dibahas “Gimana ya kalo janin melebihi due date?”. Sebenernya sih lebih tepat disebut melebihi hari perkiraan lahir (HPL), yaitu saat usia kandungan melebihi 40 hari.

Jika melebihi HPL, biasanya dokter akan memantau pergerakan janin, jumlah ketuban, kondisi plasenta, serta apakah ada tanda-tanda hipoksia (kondisi kekurangan oksigen). Jika setelah pengecekan ditemukan hal-hal yang membahayakan janin dan ibu, maka biasanya bayi akan “dipaksa” lahir dengan cara induksi atau oprasi caesar.

Pada kehamilan pertama, saya mengalami hal ini. Nicole lahir melebihi HPL. Saat itu saya memang memilih untuk melahirkan secara normal. Yah namanya normal agak susah diprediksi kapan si jabang bayi bakalan lahir.

Yang bisa dilakukan hanyalah berdoa, berusaha, dan berkonsultasi dengan dokter. LOL…

Mama memberi nasehat bahwa saya harus banyak gerak supaya baby cepat turun ke jalan lahir. Sejak usia kandungan menginjak 7 bulan, saya emang dah mulai banyak gerak. Misalnya berenang, ngepel jongkok dan jalan-jalan pagi. Btw, serius deh…Ngepel dengan posisi jongkok juga bermanfaat untuk bumil…

Nah menginjak 9 bulan ini saya perbanyak frekuensi berenang, jogging dan ngepel. Jika sebelumnya hanya jalan di pagi hari, sekarang saya tingkatkan jalan pagi dan sore.

Jika disimpulkan, kegiatan harian saya saat usia kehamilan lebih dari HPL adalah :

1. Ditemani oleh hubby, jalan pagi mulai jam 5.30 AM. 

2. Sekitar jam 3 sore saya berenang (kebetulan kolam renangnya indoor) atau terkadang senam hamil.

3. Jam 6 sore saya keliling Galaxy Mall…LOL…Aji mumpung sekalian window shopping…

4. Jika sebelumnya hanya ngepel satu kamar, sekarang meningkat jadi 2 kamar. LOL…

————————

Over dosis kan?

Yah mau gimana lagi secara niat untuk melahirkan normal gede banget….Sedangkan si Nicole ga mau keluar-keluar juga saat itu…LOL…

Selain usaha diatas, saya juga berkonsultasi dengan Dr. Iwan Juanda, dokter yang membantu persalinan saya saat itu. Namun karena penjelasan yang kurang dari beliau, saya mencari second opinion ke Dr. Didi. 

Nah Dr. Didi menganjurkan  satu hal yang sangat EXTRIM, yaitu –> ML…Hahahahaha…Yup, making love alias bercinta. Dan ternyata saat ML sperma harus disemprot di dalam, karena sperma memicu kontraksi. 

Believe it or not, ternyata bener ngefek…Nicole pun lahir beberapa hari kemudian. LOL…

So para bumil yang cantik jelita…. Jika memang Anda serius melahirkan secara normal, saya pribadi sangat menganjurkan agar Anda banyak gerak di saat usia kandungan menginjak 9 bulan.

Saya merasa berkat rajin berenang, senam hamil dan jalan pagi, proses kelahiran Nicole tergolong cepat dan ga terlalu sakit.

Serius deh…Beneran…Hopefully Anda para bumil bisa menjalani proses melahirkan normal yang mudah….

Leave a Reply

