29 Jan 13 : New Born Clodi VS Clodi One Size…

Sebelum saya bercerita panjang lebar tentang clodi, ada baiknya saya memberikan penjelasan terlebih dahulu akan macam-macam jenis clodi.
 
Clodi atau Cloth Diaper jika dibahasa Indonesiakan berarti popok kain. Itu berarti, clodi sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu. 
 
Saat saya bayi dulu, mama menggunakan popok tali bagi saya. Popok tali jaman itu merupakan popok kain, dimana kainnya tipis dan dilengkapi dengan tali di kanan kirinya untuk diikatkan ke badan bayi. Kalo saya pribadi malas pake popok tali ini, abisnya kalo baby pipis gonta ganti bolak balik…Capek gantinya dan capek cucinya…😀
 
Nah seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, akhirnya popok tali dikembangkan menjadi clodi yang makin canggih, dimana popoknya ga setipis dulu lagi sehingga bisa menampung pipis hingga beberapa kali. Selain itu clodi juga bisa dicuci hingga berulang kali. Gampangnya kayak pampers tapi bisa dicuci dan dipakai berkali-kali.
 
Clodi di era baru ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu flat diaper, prefold, diaper cover, one size pocket diaper, dan fitted diaper.
 
Makin bingung ya dengan jenis-jenis clodi? LOL…
 
Awalnya saya juga bingung dengan jenis-jenis clodi yang ada di pasaran. Belum lagi istilah aksesori/barang penunjang clodi lainnya, misalnya insert, snappy, dsb. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya check situs The Urban Mama –> http://theurbanmama.com/articles/tips-mengenali-dan-memilih-clodi-popok-modern.html
 
Diantara banyaknya jenis clodi itu, saya hanya tertarik dengan 3 jenis clodi, yaitu : diaper cover, prefold, dan one size pocket diaper.
 
1. Prefold
Prefold ini merupakan popok kain berbentuk segi empat yang dibuat dengan menumpuk beberapa lembar popok kain sekaligus lalu dijahit dan di neci. Saat mau memakaikan prefold ke bayi, diperlukan snappy atau peniti.

 

Karena hanya terbuat dari kain (ga ada lapisan plastik dibawahnya), maka tentu saja bakalan bocor (pipis rembes ke sprei) saat si baby pipis. Maka dari itu jika memilih menggunakan prefold, kita juga perlu membeli diaper cover (nanti saya akan menjelaskan diaper cover pada point kedua).

 
Pertimbangan saya memilih prefold adalah bayi New Born biasanya sering pipis dan buang air besar. Nah kalo pake clodi pocket bakalan ribet dari segi mencucinya (pocket clodi terdiri dari dua bagian, yaitu insert dan pocketnya). Kayaknya sayang jika harus cuci banyak clodi.
 
Oya, karena prefold ini cukup tebal, maka keringnya agak lama. So pastikan anda membeli cukup banyak prefold, apalagi jika bayi anda lahir di musim hujan.
 
2. Diaper Cover

Saya memutuskan untuk membelinya karena ini emang pasangannya prefold. Kalo ditanya tentang bentuknya, jujur saya belum ada bayangan tentang ini…LOL…. Karena barang yang saya beli belum sampe di rumah…LOL…
 
Cuman dari apa yang saya baca dan lihat di youtube, diaper cover ini bentuknya persis kayak pocket diaper, tapi ga ada pocketnya. Jadi kalo mau pake ini, insertnya dilepas aja di atasnya, insert nempel di pantat bayi tanpa ada lapisan lagi diatasnya.
 

Diaper cover ini biasanya terbuat dari plastik. Jadi fungsinya agar pipis di insert ga ngrembes keluar…

 
3. One Size Pocket Diaper
Dinamakan pocket diaper karena diaper ini dilengkapi dengan kantong (pocket) untuk memasukkan insert. Trus apa sih insert?
 
Insert merupakan kain yang bakalan dimasukin ke kantong itu tadi untuk menyerap pipis bayi. Biasanya persegi panjang dan dibuat dari bahan-bahan berdaya serap tinggi seperti katun, microfiber, terry (sejenis handuk), bamboo-fibre, atau hemp (ini yang dayaserapnya paling bagus)…Insert ga perlu beli lagi, karena kalo beli pocket diaper dah dapet dua lembar insert.
 
Pocket diaper pun dibagi lagi jadi dua, yaitu One Size dan yang pake size…LOL…Istilah saya membingungkan ya?
 
Jadi kalo One Size diaper bisa dipakai dari baby nu born (dengan berat minimal 3.5 kg) hingga baby 18 kg. Jika dikenakan pada bayi di bawah 3.5 kg si clodi bakalan kedodoran banget.
Nah berbeda dengan yang one size, Clodi yang pakai size bisa disesuaikan dengan berat bayi. Jadi jika memakai clodi ini bisa dipastikan bakalan fit di badan bayi. Namun kekurangannya berarti kudu beli bolak balik.
 
Sebagai orang yang menganut prinsip ekonomi (alias pelit :D) tentunya saya memilih clodi yang One Size, karena ga perlu beli berulang kali…Clodi one size  ini bisa dipakai dari baby baru lahir hingga gede. Kan ceritanya ga mau rugi, apalagi mengingat clodi yang berkualitas itu dari brand USA dimana harganya mahal euy..LOL…

Namun dari apa yang saya baca di forum Mommy Daily, banyak para mommies yang masih beli clodi khusus nuborn walau mereka sudah punya yang One Size.

Saya penasaran, emangnya clodi one size ga bisa dipakai dari nuborn ya? Apa clodi one size masih kegedean untuk nuborn?

Setelah membaca review dari para ibu-ibu pecinta clodi, akhirnya saya mendapat pencerahan. Berikut beberapa hal seputar clodi new born dan clodi one size…

1. Clodi one size memang diklaim produsen bisa digunakan mulai dari baby Nu Born tapi pada kenyataannya clodi one size apalagi brand premium mempunyai cutting yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Clodi One Size lokal/china. Nah size nya yang gede ini jelas masih terlalu kebesaran untuk dipakai baby NuBorn yang masih mungil-mungil itu. Clodi One Size masih terlalu bulky bagi nuborn baby, si baby bakalan terlalu ngangkang dan akan ngerasa ga nyaman.

2. Tidak ada patokan yang pasti mengenai kapan baby dapat mengenakan One Size diaper. Hal ini bergantung pada berat dan ukuran badan si baby sendiri (besar atau ga). Pada umumnya di usia 3-4 bulan, si baby sudah bisa mulai pakai one size kecuali jika si bayi mungil. So kesimpulannya clodi one size dipake berdasarkan berat/postur badan baby, bukan berdasarkan usia.

3.  Jika memang mau memakai clodi one size pada New Born baby, pilihlah clodi yang cuttingnya trim and slim. Walaupun begitu, se-slim-slimnya clodi one size, masih lebih slim clodi untuk NB. Clodi one size yang cuttingnya trim dan slim adalah : Fuzzibunz, Rumparooz, Flip Diaper Cover.

Tetapi ada sisi minusnya jika memilih clodi yang trim, yaitu jika bayi gendut dan berpaha montok akan lebih cepat ga muat.

4. Clodi one size tidak semuanya bulky dipake oleh newborn. Tapi lebih ke gak fit di badan anak. Biasanya di bagian paha masih ada celah, jadi pipis masih bocor.

5. Khusus untuk bayi prematur, dimana pastinya lebih mungil lagi, clodi newborn sangat membantu. 

———————————-

Sebenernya pemilihan clodi one size dan dengan size disesuaikan dengan budget dari para mommy. Jika memang banyak budget ya beli aja dua-duanya. Kalo budget mepet lebih baik dikombinasikan antara pemakaian clodi dengan popok tali.

Jika pemeriksaan dengan USG menunjukkan bahwa bayi besar, maka mommy bisa membeli langsung clodi one size. So menurut saya, lebih baik beli 1-2 clodi newborn dulu. Setelah baby lahir dan kita tau dengan pasti berat dan postur bayi, (karena kadang hasil USG salah), baru dipertimbangkan lagi kira2 perlu beli lagi atau gak karena baby cepet banget nambah beratnya.

Happy cloth diapering yaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s