Baju dan keperluan untuk nu born baby…

Mitos berkata, “Pamali membeli baju saat usia kandungan kurang dari 7 bulan…”

BAH…

Ini mah mitos banget….

Saat kehamilan pertama dulu, saya justru berbelanja keperluan bayi begitu saya hamil…Kira-kira saat hamil 2 bulan lah…Parah kan? Itu saking bersemangatnya saya…LOL…Buktinya Nicole juga ga kenapa-napa, malah dia sehat walafiat sampe sekarang…Thanks God….

Nah kalo sekarang, saya mulai berbelanja di saat kehamilan mulai menginjak 5 bulan…. Alasannya? Karena banyak diskon bow…LOL….Maklum compulsive buyer dan pecinta diskon….

Sehubungan dengan keperluan baby, banyak mommy to be bertanya, “Baju mana aja yang kudu dibeli? Dan berapa banyak jumlahnya ?”

Menurut saya, keperluan bayi yang paling basic dan kudu dibeli antara lain :

1. Shampoo, sabun, bedak, hair lotion, dan minyak telon

2. Popok untuk nu born.  Saya pribadi sih ga mau memakaikan popok tali untuk baby O, karena saya lebih memilih memakaikan clodi dan AOR (alas ompol renata). AOR bisa dibeli di multiply ownernya langsung (tinggal di google aja dengan key word AOR) atau di Athaya baby (fb).

3. Bedong.

Saya lebih memilih membuat bedong sendiri dari kain bermotif lucu. Hal ini dikarenakan bedong yang dijual umum biasanya berukuran kecil. Jadi saya lebih prefer bikin sendiri. Tinggal beli kain lalu dibawa ke penjahit, jadi deh…

4. Grita

Ini sih personal preference ya…Kalo saya pribadi ga memakaikan grita ke baby saya. Alasannya karena grita terlalu menekan perut, akhirnya bayi ga bisa bernapas dengan nyaman. Selain itu bayi juga ga bisa minum susu dengan banyak jika grita terlalu kenceng. Coba bayangin kita sendiri aja apa bisa minum banyak jika perut tertekan?

Namun banyak juga orang yang memakaikan grita dengan alasan agar baby nya merasa hangat. Nah jika mommy to be mau memakaikan grita, saran saya jangan memakaikan grita terlalu kenceng.

5. Kaos kutang

Saya tidak tau apa bahasa Indonesia yang baku untuk kaos kutang…LOL…Yang saya maksud di sini adalah kaos buntung. Saya lebih memilih memakaikan kaos ini daripada grita. Setidaknya dengan memakai kaos kutang si baby merasa hangat dan nyaman (tidak ketat seperti grita).

6. Baju dan celana

Sebaiknya membeli baik yang panjang dan pendek untuk baju maupun celana. Biasanya setelah lewat sebulan, baby ga memakai popok tali lagi, melainkan mulai memakai celana pendek. Namun di malam hari, jika baby tidur di ruangan ber-AC maka sebaiknya juga membeli celana panjang.

Tips : Untuk baby nuborn hingga baby kuat kepalanya, sebaiknya menggunakan baju dengan kancing di depan, sebab lebih mudah saat mau memakainya. Jika baby sudah kuat kepalanya, maka Anda bisa mulai memakaikan kaos.

7. Jumper

Nah saya paling suka memakaikan jumper untuk bayi saya. Apalagi yang tangan panjang dan kaki panjang hingga menutupi telapak kaki. Biasanya jumper seperti ini ada di mother care atau di baby shop (misal merk carter)…

8. Baju untuk hang out

Yeap, baby kudu punya baju gaul…LOL…Biasanya sih para mama nih yang sibuk mendandani babynya agar tampak lucu and keren.

9. Aksesori penunjang seperti topi, kaos kaki, bando, sarung tangan, dsb

10. Pompa ASI. Jika Anda memutuskan untuk memberi ASI-X, maka invest lah breast pump yang bagus sekalian. Mahal ga papa…Toh semahal-mahalnya breat pump masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memakai sufor.

11. Botol susu baby. Beli jika Anda working mom yang tidak bisa memberi ASI secara langsung atau jika Anda berniat memberi sufor.

12. Steril botol. Tidak penting-penting amat. Jika budget mepet, Anda bisa mensterilkan botol dengan cara direbus sampai air mendidih lalu tiriskan. Tapi konsekuensinya, botol agak cepat pudar warnanya.

Jika memilih menggunakan sterilan botol, kalo saya pribadi lebih memilih membeli steril yang bisa sekalian steril peralatan makan. Contohnya seperti sterilan dari Panasonic.

dish-dryer

Saat ini saya sudah punya sterilan dari Avent. Its a good choice. Sterilannya enak banget. Tapi saya agak menyesal karena sterilan ini tidak bisa digunakan untuk steril peralatan makan, mainan dan teether. Fyi mainan dan teether juga kudu disterilkan, apalagi kalo baby mulai bereksplorasi dengan mulut. Saat ini saya lagi mempertimbangkan mau beli Panasonic atau ga….

13. Pemanas susu. Kalo ini beli yang agak murah juga ga papa-papa

14. Botol kaca untuk simpan ASI Perahan. Yeap menyimpan ASI lebih oke di botol kaca daripada plastik. Kalo ga mau beli, bisa juga menggunakan botol bekas UC-1000. So habis minum UC, langsung cuci and simpen botolnya..Hihihihi….

15. Stroller. Kalo ini mending invest di stroller yang bagus. Agak mahal ga papa..Soalnya pemakaiannya jangka panjang.

16. Car Seat. Tidak terlalu penting sih…Tapi penting jika anda suka nyetir mobil sendiri tanpa bantuan supir.

———————————————————————–

Dari kebutuhan diatas, saya akan membatasi pada baju dan celana bayi. Untuk keperluan lainnya akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Jika ditanya berapa banyak jumlah baju dan celana yang harus dibeli, maka itu semua tergantung dari kondisi di sekitar para mama sekalian.

1. Apakah si baby lahir pada musim hujan atau panas. Tentu saja jika lahir di musim hujan  para mama kudu stok banyak baju-bajunya.

2. Apakah para mama mempunyai mesin pengering pakaian di rumah? Di rumah saya mempunyai mesin pengering. Jadi setelah dicuci (saya lebih memilih mencuci baju baby dengan tangan), saya masukin ke mesin pengering. Tentu saja jika mempunyai mesin pengering ga perlu membeli baju banyak.

3. Dan tergantung juga dengan pola mencuci ibu. Ada teman saya yang lebih suka mencuci per 3 hari sekali. Kalo Anda tipe mama yang suka numpuk cucian, maka Anda harus membeli keperluan bayi dalam jumlah yang banyak.

4. Untuk menentukan jumlah baju/celana tangan pendek dan panjang yang harus dibeli, maka yang menjadi pertimbangan adalah apakah bayi anda sering di ruangan AC atau tidak? Apakah bayi Anda memakai pampers sepanjang hari atau ga?

Pada kasus Nicole, kalo siang dia di ruangan non ac dan malem saat mau bobo baru di ruangan ber-AC. Dia juga memakai pampers hanya di malam hari ini. Nah kalo kayak gini tentu saja harus punya baju pendek banyakan…Soalnya kalo siang kan ga pake pampers…Otomatis suka ngompol…Kalo dah ngompol pasti kena bajunya..Ganti bolak balik deh…

Untuk jumper tangan panjang and celana panjang (jumper yg langsung nutup kaki) tidak perlu beli banyak…..Saya cuman punya 6…Karena di malam hari si baby memakai pampers, so ga perlu banyak-banyak.

Tips terakhir dari saya, lebih baik membeli baju dengan 3 ukuran lebih besar. Baby tuh cepet loh gedenya. So paling mubazir iitu baju ukuran nu born. Pasti bakalan sebentar kepakenya. Makanya untuk nu born, saya langsung memakaikan baju ukuran 3 bulan. Biasalah saya kan emak-emak pelit ga mau rugi…LOL…

Leave a Reply

